Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Blancpain GT Asia: Balapan Di Bulan Puasa

Chang International Circuit

Otojatim (Bangkok)- Tidak biasanya balap mobil Asia digelar di bulan Ramadhan terlebih lagi harus berpuasa bagi beberapa pebalap muslim. Hal itulah yang terjadi di Blancpain GT World Challenge Asia seri kedua di sirkuit Buriram, Thailand pada 11-12 Mei lalu. Salah satu pebalap muslim yakni Rio Haryanto saja bisa meraih podium meski masih berpuasa.

Pada balapan pertama di tanggal 11 Mei, tim Solite Indigo Racing menjadi pemuncak overall dengan Mercedes AMG GT3. Adalah kerjasama apik MG Choi dan Manuel Metzger yang berhasil mengalahkan tim Absolute Racing. Impian pebalap tuan rumah Tanart Sathienthirakul dan pebalap pengganti Philip Hamprecht gagal mengukir juara hingga harus meraih podium kedua saja. Adapun Audi Sport Absolute Racing yang menggunakan jasa Weiron Tan dan Martin Rump finish ketiga. Sementara tim Vincenzo Sospiri Racing yang menggunakan jasa Alex Au dan Frederich Schandorff finish keenam overall sekaligus menjadi jawara kelas GT3 Pro Am. Pebalap tuan rumah, Chonsawat Asavahame dan Akhiriro Asai dari tim tuan rumah Vattana Motorsport memenangi kelas GT3 AM meski finish ke-17 overall. Tim Craft Bamboo Racing yang beranggotakan Frank Yu dan Jean Marc Merlin menjuarai kelas GT4.

Di balapan kedua di 12 Mei, pebalap tuan rumah mengibarkan bendera kemenangannnya ketika tim Panther/AAS Motorsport berhasil meraih kemenangan. Adalah kerjasama apik Vutthikorn Inthraphuvasak dan pebalap Swiss, Alexander Imperatori yang menghadirkan kemenangan tim pengguna Porsche itu. Semestinya, tim Panther bisa saja dominan kalau mobil lainnya yang dikemudikan Yuan Bo dan Jono Lester masuk podium kedua. Akan tetapi, mobil bernomor 911 mendapat hukuman karena mobilnya lebih ringan dari mobil pemenang. Sebagai gantinya, tim pengguna Ferrari 488 GT3 yakni Hub Auto Corsa berhasil merangsek podium dengan duet Yuya Sakamoto dan Andre Heimgartner sementara tim pembesut Audi R8 LMS, Audi TSRT dengan duet David Chen dan Andre Couto finish ketiga overall. Di kelas GT3 Pro Am dimenangi juga oleh pebalap tuan rumah, adalah tim Singha Plan B yang beranggotakan duet Bhurit Bhirombhakdi dan Kanatasak Kusiri berhasil mengukir kampiun meski finish keenam overall. Adapun di kelas GT3 Am dimenangi tim B Quick Racing yang beranggotakan Daniel Bilski dan Heng Kiks sedangkan di kelas GT4 dimenangi Takayuki Kinoshita dan Sunako Jukucho dari BMW Team Studie.

Meski finish keenam di balapan kedua kategori GT3 Pro A (finish overall ke 16), tim T2 Motorsport yang beranggotakan David Tjiptobiantoro dan Rio Haryanto malah podium di balapan pertama kelas GT3 Pro Am sekaligus finish ketujuh overall. Irmawan Poedjoadi selaku team principal menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan seluruh rakyat Indonesia untuk tim T2 Motorsports “saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang sudah mendukung T2 Motorsports, berkat doa dan dukungan rekan-rekan semua, dua pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro dapat mengibarkan sang Merah Putih di Chang International Circuit, Thailand. Kami mohon untuk terus dukung kami dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia.” 
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Regional Launch Surabaya