Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Reli Perancis: Neuville Juara Tiga Kali Di Korsika

FIA
Otojatim (Korsika)- Reli Perancis merupakan reli tersulit dalam kalender reli dunia (WRC) karena memiliki banyak tikungan sehingga reli dengan medan aspal ini dijuluki "reli 10 ribu tikungan". Beberapa nama pernah tiada di lintasan maut ini seperti Attilo Bettega (1985) dan Henri Toivonen di 1986. Keduanya merupakan penunggang Lancia dan mengakhiri era terbaik dalam reli dunia yakni era Grup B. Grup B adalah regulasi dimana mobil-mobil reli tercepat dibebaskan modifikasinya sehingga melahirkan mobil-mobil bertenaga besar. Akibatnya, mobil reli sulit dikendalikan dan melahirkan berbagai kecelakaan sepanjang 1980an.

Memang ini adalah reli terbaik untuk pereli tuan rumah, Sebastian Ogier mengingat dirinya pernah memenangkan balapan di 2016 (melalui VW) dan 2018 (dengan Ford). Hanya saja, dirinya gagal mengukir kembali prestasinya di kandang karena Thierry Neuville berhasil meraih juara ketiganya di reli Perancis. Sebelumnya, pereli Hyundai ini meraih kemenangan di 2011 saat bergulirnya Intercontinental Rally Challenge via Peugeot dan di 2017 via Hyundai.

Pada reli yang diadakan 28-31 Maret ini, Neuville berhasil meraih juara setelah meraih tiga kemenangan di 3 Special Stage (SS6, SS11,SS12). Sementara Ogier tidak meraih kemenangan satupun dan finish kedua overall dan Elfyn Evans (Ford) meraih posisi ketiga tapi dirinya berhasil meraih 4 kemenangan di 4 SS berbeda (SS1,SS4-SS5,SS13).

Karena hasil ini, Neuville memimpin 2 poin diatas Ogier di klasemen pereli dengan 82 poin sedangkan Ogier berada di bawahnya atau 80 poin dan Ott Tanak meraih 77 poin (di balapan ini, pereli Toyota itu finish keenam). Sedangkan di klasemen konstruktor, Hyundai memimpin dengan 114 poin disusul Citroen dengan 102 poin dan Toyota dengan 98 poin.  
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky