Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WEC Amerika: Balapan Tidak Biasa, Toyota Raih Kemenangan Kelima Musim 2018-2019

FIA
Otojatim (Bangkok)- Tidak biasanya gelaran balap diadakan di hari Jumat, kalaupun ada ya itupun adalah sesi latihan bukan sesi balap tapi pada balapan satu ini memang berbeda dari yang lain. Adalah kejuaraan balap ketahanan dunia (WEC) yang menggelar balapan di Sebring, Amerika Serikat pada 15 Maret lalu. Balapan ini berlangsung selama 1000 mil (1600 km) di bekas landasan udara Hendriks, Amerika Serikat. Balapan ini menggantikan durasi balapan 12 jam yang dipakai oleh Weathertech Sportcar pada 16-17 Maret sehingga balapan WEC digelar di Jumat sore saja.

Balapan ini tidaklah mudah karena di malam harinya hujan mengguyur lintasan sehingga para pebalap mendapat kesulitan akinat lintasan licin. Meski sempat tergelincir di 30 menit terakhir, tim Toyota dengan mobil no.8 merajai balapan dengan jarak 1522 km. Ini adalah kemenangan pertama trio Fernando Alonso, Kazuki Nakajima, dan Sebastien Buemi sejak meraih kemenangan di kelas LMP1/overall sejak seri Le Mans, Perancis 2018 lalu. Berselisih 1 lap, rekan setim bernomor 7 dengan pebalap Kamui Kobayashi, Mike Conway dan Jose Maria Lopez finish kedua sekaligus Toyota menguasai balapan di Amerika ini. Adapun Vitaly Petrov, Mikhail Aleshin dan Brendon Hartley berada di posisi ketiga dengan BR Enginerring BR1. Dengan hasil ini, Toyota berhasil meraih kemenangan kelima musim 2018-2019 meski harus kena diskualifikasi akibat skid block pada kedua mobil tim pabrikan Jepang tersebut gagal lolos uji defleksi.

Di kelas LMP2, trio Jackie Chan DC Racing, David Heinemeier Hansson, Jordan King, dan Will Stevens berhasil meraih jawara meski finish keempat di overall. Di kelas LMGTE Pro dimenangi Gianmaria Bruni dan Richard Lietz dari tim pabrikan Porsche. Tidak hanya itu, Porsche menguasai kemenangan di Amerika Serikat di kelas LMGTE Am dengan jasa trio Matt Campbell, Julien Andlauer, dan Christian Ried.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Test Drive Almaz