Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Reli Dunia: Ogier Raih Kemenangan Kelima Di Meksiko

FIA
Otojatim (Leon)- Reli ini merupakan reli yang digelar pada 1979 di Leon, Guanahuato. Reli ini adalah reli satu-satunya yang diadakan di Amerika Utara dan reli pertama di kalender reli dunia (WRC) saat berkunjung di benua Amerika. Reli ini adalah reli Meksiko.

Reli yang diadakan pada 7-10 Maret 2019 ini memiliki 21 Special Stage (SS) dengan jarak total 316 km. Meskipun medan yang dihadapi adalah gravel (tanah) tapi tantangan sebenarnya adalah di ketinggian lokasinya. Kesemua SS dilaksanakan di ketinggian 2100 meter diatas permukaan laut, menjadikan reli ini adalah reli terberat dalam kalender reli dunia 2019. Tidak harus kencang untuk bisa menang, karena ketahanan mesin adalah kunci kemenangan dalam 21 SS yang dilaksanakan.

Pereli Esapeka Lappi awalnya memimpin di SS1, hanya saja pereli Citroen ini keluar jalur hingga menyebabkan reli dihentikan untuk mengevakuasi mobil C3 miliknya. Pereli yang dahulu pernah di Toyota ini finish kedelapan dan hanya meraih 1 poin. Pada Ss2, Teemu Suninen yang berasal dari M Sport Ford gugur karena kecelakaan. Sejak SS2-SS4, Andreas Mikkelsen memimpin perlombaan dengan memenangkan SS2,SS4 dan SS16. Hanya saja, Pereli Hyundai ini mundur karena kerusakan mobil.

Meski sempat gagal memimpin di SS10, Sebastian Ogier berhasil menjuarai reli Meksiko dengan catatan waktu 3:37:08.0. Pereli Citroen ini memenangi 7 SS saja untuk mengalahkan waktu Ott Tanak dari Toyota yang harus puas duduk di posisi kedua. Pereli Ford, Elvyn Evans duduk di posisi ketiga meski tidak memenangi satupun SS sama sekali. Memenangi 2 SS saja, Thierry Neuvile dari Hyundai finish keempat disusul Pereli Toyota, Kris Meeke yang sempat memimpin perlombaan di SS 10. Ogier sendiri memenangi 5 kali reli ini mulai dari 2013-2015 via Volkswagen dan 2018-2019 lewat Ford-Citroen.

Meski menang dua kali di Monako dan Meksiko, Ogier harus mengakui kekuatan Tanak di klasemen pereli dengan 65 poin sementara dirinya harus puas berselisih 4 poin atau 61 poin. Neuville sendiri berada di posisi ketiga dengan 55 poin disusul Meeke dengan 35 poin dan Evans dengan 28 poin. Sementara, Toyota makin mantap di klasemen konstruktor dengan 86 poin disusul Citroen dengan 78 poin yang menggeser posisi Hyundai di posisi kedua (Hyundai 77 poin) dan Ford di posisi juru kunci dengan 45 poin.  Reli selanjutnya akan bergulir di negerinya Ogier, Perancis pada 28-31 Maret mendatang. Di sini, Ogier menjadi juara bertahan di tahun lalu saat bersama Ford dan di 2016 saat bersama Volkswagen. Apakah ia akan bersinar bersama pabrikan tuan rumah Citroen? Hanya waktu yang akan menjawab.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky