Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Koenigsegg Jesko: Telur Tercepat Di Dunia

Koenigsegg


Otojatim (Jenewa)- Koenigsegg merupakan merek hypercar terbaik di dunia setelah Bugatti, Mclaren, Porsche dan Ferrari. Mereka adalah pabrikan mobil asal Swedia yang membuat CCX, Agera hingga One:1. Meski sudah ada Regera sebagai mobil pencetak kecepatan 410 km/jam, tapi pabrikan yang namanya diambil dari pemiliknya yakni Christian Von Koenigsegg ini tiba-tiba saja mengumumkan pengganti dari mobil bermesin V8 dengan 3 motor listrik ini di Geneva Motorshow 2019.

Adalah Jesko, mobil yang namanya diambil dari nama ayah pendirinya ini masih menggunakan mesin Regera (V8 twin turbo dengan kapasitas 5000 cc) tapi bisa mendapat tenaga 1600 dk melalui bahan bakar E85 ethanol. Pabrikan yang dikenal orang sebagai "telur Swedia" ini menyebut kalau Jesko mendapat 1500 nm sebagai torsi terbesarnya bukan 2000 nm seperti Regera punya. Soal kecepatan, mobil ini jauh lebih cepat dari Regera yakni 483 km/jam.

Mobil ini sejatinya sudah dipasangi kompresor elektronik layaknya mesin supercharger untuk mengurangi gejala turbo lag. Adapun mesin V8-nya sudah dilengkapi crankshaft model terbaru untuk menaikkan kinerja mesin ketika dipacu dalam kecepatan tinggi. Untuk transmisi sendiri, Koenigsegg meracik secara individual tanpa mengambil dari merek lain dan diberi nama Lightspeed Transmission. Perpindahan giginya bisa dibilang sangat cepat layaknya mobil F1 dan percepatan yang dimilikinya adalah 9.

Bagian kaki-kaki sudah dilengkapi damper dari Ohlins yang sudah terpercaya di berbagai kejuaraan balap mobil dan motor. Adapun damper yang dipakai merupakan tipe Triplex yang bisa menstabilkan mobil di setiap keadaan. Demi meningkatkan pengendalian ketika menikung, Koenigsegg memasang 4 wheel steering. Untuk velg sudah menggunakan ukuran 20 inchi di bagian depan dan 21 inchi di belakang. Kesemua velg ini memiliki bobot 7,7 kg dengan bahan karbon fiber. Soal harga sendiri, Jesko sudah dipatok dalam harga Rp 42 milyar dan siap ludes terjual karena dibuat secara terbatas.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Test Drive Almaz