Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Industri Kecil Menengah Dapat Sorotan Penting Dari Kemenperin


Kememperin Berharap IKM Bisa Bersaing dan perkuat Industri Otomotif Indonesia



Klaten, Otojatim.com Dalam meningkatkan potensi industri dalam negeri terutama Industri Kecil Menengah (IKM). Untuk itu, Kementerian Perindustrian menggandeng Institut Otomotif Indonesia (IOI) sebagai inisiator dari pengembangan IKM tersebut. 

Kali ini, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pelaku industri sendiri akan beri bimbingan teknis dan dukungan penuh kepada IKM. Nanti hasil dari kerjasama ini antara pemerintah, asosiasi dan industri akan ditampikan dalam acara "Kick-off IKM dalam supply chain industri otomotif.

Seperti contoh Koperasi Batur Jaya yang dikembangkan dari tahun 2016 dengan tanggung jawab dan proses panjang secara maksimal. Fokus pembinaan yang dilakukan oleh TMMIN ini meliputi tiga hal. Pertama penguatan fondasi struktur industri, kedua pengembangan sumber daya manusia berkarakter dalam industri dan ketiga kontrol/pengawasan kualitas. Semua itu diberikan dalam setiap pelatihan dalam bentuk ilmu dan budaya industri. Terutama dalam penanaman 5R (Rawat, Rajin, Rapi, Resik dan Ringkas.

"Akselerasi Koperasi Batur Jaya menjadi pemasok industri otomotif berstandar global bukan melalui perjalanan mudah. Pelatihan dan pendampingan dengan metode yang tepat, rekonstruksi ulang dengan standarisasi Toyota dan bantuan mesin produksi, membawa Koperasi Batur Jaya memenuhi persyaratan tinggi dari sisi kualitas, produktivitas, teknologi dan kontinuinitas suplai. Proses ini tidak instan dan kerja keras yang konsisten ini menunjukkan semangat patang menyerah dari IKM otomotif di Indonesia," ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

Share on Google Plus

About Adiyasa

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky