Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Ferrari Tributo: Mobil Baru, Pengganti 488 Dengan Tenaga Setara F12

Ferrari


Otojatim (Jenewa)- Ferrari 488 sudah meluncur sejak 2013 silam. Model ini tergolong lumayan laku di tanah air meski harganya sedikit mahal dari 458. Dengan Munculnya 488 Pista, Ferrari berhasil memancing minat Tifosi (penggila Ferrari) rela membelinya meski harga yang dipatok lumayan menguras kantong. Pada Geneva Auto Show 2019 pada Maret ini (5/3) Ferrari membuat dobrakan ketika sedang puas-puasnya dengan Pista, pabrikan berlogo kuda jingkrak ini malah memperkenalkan F8 Tributo sebagai mobil baru mereka.

Tributo merupakan model baru pengganti 488. Ia memiliki bentuk mirip dengan 488 tapi sudah mendapat tenaga sebesar F12. Untuk bagian depan sudah berbeda jauh dari 488 dan bagian moncong mirip dengan 488 Challenge dengan "mulut" di tengahnya untuk mendapat downforce ketika meluncur dalam kecepatan tinggi. Bagian belakangpun lebih kharismatik dengan lampu rem ganda layaknya 812 dan GTC yang sudah memakai duluan. Mobil ini memiliki berat  1.330 kg
alias sedikit lebih berat dari 488 Pista. Tenaga instan ini dikombinasikan dengan pengendalian luar biasa berkat solusi dinamika kendaraan canggih. Ini termasuk versi baru dari Ferrari Dynamic Enhancer (FDE +) yang dapat diaktifkan pada posisi RACE manettino untuk pertama kalinya, sebuah langkah yang dirancang untuk membuat kinerja pada batas kemampuan kendaraan lebih mudah dijangkau bagi lebih banyak tingkat kemampuan pengemudi. Roda kemudi juga lebih kecil diameternya untuk meningkatkan tingkat kepraktisan dan membuat mobil terasa lebih gesit. Selain itu, langkah-langkah pengurangan berat kendaraan telah mengurangi berat kering mobil hingga 40 kg dibandingkan 488 GTB, yang semakin meningkatkan responsif dan kenikmatan berkendara tanpa mengganggu kenyamanan interior.

Mobil ini menggunakan mesin  V8 3902 cc twin turbo dengan daya 720 dk dan bertorsi 770 nm. Tenaga tersebut sudah setara dengan Lamborghini Aventador dan kurang 10 dk dari F12 yang memakai mesin V12 6200 cc.  Ferrari F8 Tributo mengeluarkan 50hp lebih besar daripada mobil yang digantikannya, lebih ringan dan mendapat manfaat dari peningkatan 10% dalam efisiensi aerodinamis bersamaan dengan versi terbaru dari Side Slip Angle Control, yang sekarang dalam versi 6.1. Jadi, F8 Tributo tidak hanya menawarkan tingkat kinerja tertinggi dari semua mobil dalam kelasnya saat ini, tetapi juga kinerja itu dimanfaatkan dengan sangat baik.
 
Bagian depan mobil dicirikan oleh S-Duct, solusi yang pertama kali diperkenalkan pada 488 Pista, tetapi yang telah dirancang ulang agar sesuai dengan modifikasi ekstensif yang dilakukan pada area mobil ini. Hasilnya adalah S-Duct sendiri berkontribusi sebesar 15% untuk peningkatan keseluruhan downforce dibandingkan dengan 488 GTB. Lampu depan LED yang baru, lebih ringkas, dan horizontal memungkinkan ahli aerodinamika Ferrari untuk menggabungkan pipa pendingin rem baru bersama dengan yang ada di bagian luar bemper, tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran udara di seluruh ruang roda dan dengan demikian menghindari keharusan meningkatkan ukuran sistem pengereman untuk mengkompensasi kecepatan mobil yang lebih besar. Bagian kaca belakang menggunakan kaca Lexan dan desainnya mirip dengan kaca belakang dari F40 yang merupakan hypercar pertama dari Ferrari.

Soal akselerasi, mobil ini mencetak 2,9 detikan pada 0-100 km/jam dan rencananya, tahun 2020 Indonesia akan mendapat unit ini meski harga yang ditaksir akan jauh lebih mahal dari 488 Pista yang akan tiba di tahun 2019.  
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky