Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Asia GT Festival: Pesona NIO EP9 Di Sirkuit Sepang

Adinata Pramadya


Otojatim (Sepang)- Mungkin kami adalah media satu-satunya yang hadir di acara akbar seperti Asia GT Festival pada 16-17 Maret lalu dan kami berkesempatan untuk melihat sebuah mobil yang bisa dicap sebagai mahakarya dari industri otomotif Cina.

Adalah Nio EP9 yang dikenal sebagai "silent killer" karena menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Supercar ini merupakan buatan Next Ev yang mengalahkan catatan waktu dari para raksasa macam Nissan GTR, Lexus LFA, Lamborghini Aventador sampai mobil semi hibrida Porsche 919 di Nurburgring Nordschleife dengan catatan waktu 7 menit 5,12 detik.

Untuk motor listrik, Nio EP9 menggunakan 4 motor dengan girboks individual yang menghasilkan daya  1.360 dk. Mobil ini masuk kategori hypercar karena tenaganya diatas 1000 dk dan bodinya menggunakan bahan karbon fiber layaknya mobil balap prototipe atau formula. Karena menggunakan motor listrik yang berat dan bukan mesin bensin, maka berat kosong mobil ini adalah 1735 kg berbeda jauh dengan sebuah hypercar bensin dengan berat kosong 1300 kg.

EP9 sendiri bisa berlari dari 0-100 km/jam dalam 2,7 detikan dengan kecepatan puncak 313 km/jam. Memang kecepatannya dibatasi supaya kinerja motor listriknya bisa awet tanpa kepanasan. Soal aerodinamika, EP9 dilengkapi diffuser, adjustable front air splitter dan active spoiler dengan 3 mode posisi (park, low drag, high performance). Untuk kaki-kaki mobil ini menggunakan velg 19 inchi di depan dan 21 inchi di belakang. Pada pengisian baterai motor listriknya hanya membutuhkan 45 menit saja demi mencapai jarak 427 km. Nio EP9 bekerja sebagai safety car di ajang GT4 pada perhelatan Asia GT Festival dan sudah ada 6 unit yang terjual kepada investor dengan harga satu unitnya mencapai US$ 1,2 juta.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky