Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Reli Swedia: Toyota Raih Kemenangan Perdana Di 2019

FIA

Otojatim (Karlstad)- Reli ini merupakan reli satu-satunya yang digelar di arena bersalju sejak 1950. Reli ini sejatinya tidak bisa dimenangi oleh pereli-pereli luar daerah Skandinavia (Swedia, Norwegia, Estonia, Finlandia), akan tetapi beberapa nama seperti Sebastian Loeb-Ogier maupun Thierry Neuville merusak tradisi tersebut sekaligus mematahkan rumor pada ajang ini. Reli yang digelar pada 15-17 Februari ini adalah Reli Swedia.

Reli ini merupakan seri kedua dari kejuaraan reli dunia (WRC) 2019 dimana para peserta harus menempuh 320 km yang dibagi dalam 19 Special Stage. Dalam seri ini, ada satu zona loncatan yang diberi nama Colin Crest dimana pereli harus "menerbangkan" mobilnya setinggi mungkin supaya bisa masuk ke dalam penghargaan Colin Crest Award. Pereli Eyvind Brynildsen masih menjadi pemegang loncatan tertinggi dengan angka 45 meter yang dilakukannya dengan Ford Fiesta pada 2016. Pada tahun ini, penhargaan yang namanya diambil dari juara dunia 1995 ini jatuh ke tangan Kris Meeke dengan loncatan setinggi 41 meter dari Toyota Yaris Miliknya.

Memenangi 6 Special Stage (SS), Ott Tanak menjadi jawara reli Swedia tahun ini. Pereli Toyota ini melesat meninggalkan Esapekka Lappi dari Citroen di posisi kedua dengan gap 53 detikan. Adapun Thierry Neuville dan Andreas Mikkelsen dari Hyundai finish ketiga dan keempat di belakang Lappi. Dengan hasil ini, Tanak meraih angka 47 poin sekaligus memimpin klasemen pereli. Adapun Neuville berada 7 poin di belakang Tanak dengan 40 poin dan di posisi ketiga dihuni Sebastian Ogier dari Citroen dengan 31 poin. Sedangkan Toyota memimpin klasemen konstruktor dengan jarak 1 poin dengan Hyundai (Toyota 58 poin, Hyundai 57 poin) dan Citroen berada di belakangnya dengan 47 poin.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai