Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Jelang MotoGP 2019: Yamaha Siap Hadirkan Warna Baru Songsong Musim Depan

SIC Racing
Otojatim (Asia Tenggara)- Dua tim Yamaha siap memberikan harapan setelah pada musim lalu hanya memberikan angka 281 poin di klasemen konstruktor. Berbeda dari tahun lalu, tim Yamaha Tech 3 menyatakan menjadi tim satelit  untuk KTM di 2019 dan menamai tim mereka dengan Tech 3 KTM. Untuk itulah tim baru, Sepang International Circuit (SIC) Racing yang berbasis di Austria-Malaysia menghuni slot yang ditinggalkan oleh Tech 3. Tim SIC Racing juga berlaga di kelas Moto2 dan Moto3 sebagai tempat pembibitan joki sebelum terjun di kelas para raja, Motogp. Tim yang menggunakan sponsor dalam negeri, Petronas ini meluncurkan skuadnya pada 29 Januari di Menara Kembar Petronas, Malaysia. “Misi kami adalah membangun tim satelit terbaik dan terkuat di MotoGP,” ucap Manajer Tim, Wilco Zeelenberg via motorsport.

Dua joki asal Italia yakni Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli ditunjuk untuk membesut dua Yamaha YZR M1. Morbidelli dulunya menggeber Honda di Marc VDS di 2018 dan meraih 50 poin untuk meraih posisi ke-15 klasemen joki. Sementara Fabio meraih posisi ke-10 pada klasemen akhir joki Moto2 tahun lalu saat masih bersama tim Beta Tools Speed Up.

Untuk motor sendiri menggunakan YZR M1 spek 2019 dengan livery berwarna hijau khas perusahaan minyak asal Malaysia, Petronas. Warna ini nampak sangat mirip dengan mobil Mercedes F1 W- Series yang dipakai tim pabrikan Mecedes di F1. Soal komposisi motor, Fabio menggunakan motor spek terendah sedangkan Franco menggunakan spek tertinggi setara motor tim pabrikan. “Meskipun tim MotoGP baru tetap diunggulkan, kami ambisius dalam target kami. Sangat penting untuk memulai dan melakukan tahun pertama kami dengan baik, dengan keyakinan dan kepercayaan terkuat pada dua pembalap kami, Franco dan Fabio,” tukas CEO Sepang, Dato’ Razlan Razali via Crash. 

Monster Yamaha Racing
Bagaimana dengan tim pabrikannya? Hari ini (4/2) di Hotel Four Season sudah dilaksanakan peluncuran motor tim pabrikan Yamaha. Berbeda dengan tahun lalu, motor YZR M1 sudah menggunakan warna hitam simbol sponsor Monster Energy menggantikan sponsor sebelumnya, Movistar. Motor yang akan dikendarai Valentino Rossi dan Maverick Vinales ini masih menggunakan aksen biru khas pabrikan berlogo garpu tala ini. Adapun susunan staff ada beberapa orang diganti seperti Takahiro Sumi menggantikan Kouji Tsuya sebagai Project Leader MotoGP dan kepala kru Maverick Vinales, Ramon Forcada digantikan oleh Esteban Garcia. Dengan slogan Beast Mode On, Yamaha siap meraih gelar juara konstruktor maupun joki setelah cukup terpuruk pada tahun lalu.

Musim ini, Maverick Vinales menanggalkan angka 25 sebagai nomor start dan menggantikannya dengan nomor 12. Nomor ini pernah digunakan pebalap asal Spanyol ini saat turun di Minimoto ketika kecil. “Ketika saya masih kecil, saya selalu mengendarai motor, dan memakai (nomor) antara 12 dan 100,” tuturnya via motorsport. “Bagi saya adalah sesuatu yang ingin saya ubah beberapa tahun lalu, tetapi saya tidak pernah memiliki kesempatan. Kemudian saat saya ke MotoGP, dan saya tidak tahu mengapa (saya tidak mengubahnya). Saya ingin menggantinya, tetapi tidak pernah punya waktu yang tepat untuk melakukannya" ungkap joki berkumis ini. Sementara, Rossi siap meraih gelar kembali meski usianya sudah tidak muda lagi. "Sepuluh tahun adalah jarak yang sangat jauh. Saat itu saya punya rekan setim yang sangat kuat (Jorge Lorenzo), sekarang pun juga (Maverick Vinales)," ujar Rossi. "Banyak perubahan, persaingan makin tinggi dan makin banyak pembalap muda yang handal berdatangan. Tetapi target untuk meraih hasil yang terbaik tak akan pernah berubah setelah 10 tahun," sambungnya.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai