Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Reli Dunia Monako: Ogier Jawara Kandang Untuk Ketujuh Kalinya


FIA

Otojatim (Monte Carlo)- Pertama kali diadakan pada 1911, reli Monako menjadi reli pembuka di Eropa maupun dunia. Reli ini dibuka perdana oleh Pangeran Albert pertama sebagai ajang unjuk gigi ketangguhan teknologi otomotif terutama permobilan di daerah kecil Perancis Selatan itu. Setelah kesuksesan reli ini, ajang balap Formula Satu digelar perdana di Monte Carlo pada 1929.

Reli yang menjadi seri pembuka dari kejuaraan reli dunia (WRC) 2019 ini digelar dari 24-27 Januari 2019 dengan jumlah Special Stage (SS) sebanyak 16 tahapan berjarak total 322 km. Tidak ada perbedaan dari masing-masing pabrikan, kecuali Citroen yang sudah menggunakan sponsor baru yakni Red Bull. Meskipun begitu, balapan masih tetap berjalan seru dan menegangkan sepanjang pegunungan bersalju di Col De Turini, Monako.

Awalnya, Ott Tanak berhasil menjadi jawara di 2 SS awal sampai pereli Toyota ini gagal meraja di SS4 setelah Thierry Neuville mengambil alih pimpinan lomba. Sial bagi pereli Hyundai ini, di SS6 malah mengalami kendala di ban sehingga Sebastian Ogier berhasil menjadi pimpinan lomba sampai akhir balapan. "Saya terlalu cepat, dengan ban ini saya hanya berputar dan mobil tidak mau berputar. Saya kehilangan sekitar 15 detik. Kami bisa mencapai 17 atau 18 detik lebih cepat untuk setiap stage selanjutnya. Pemilihan ban yang baik akan menjadi sebuah hal yang mendukung saya," imbuh Thierry Neuville via Autosport.

Pada akhirnya, Ogier yang menjadi jawaranya dengan meraih kemenangan ketujuh di reli Monako ini. Pereli yang menggunakan Citroen itu berhasil menyamai rekornya dengan pereli tuan rumah lainnya, Sebastian Loeb dengan 7 kali kemenangan(Ogier:2008,2014-2019 dan Loeb 2003-2008,2012-2013). Meski Loeb finish kelima dengan pabrikan Hyundai, dahulu ia pernah berlaga dengan Citroen dengan 9 kali juara dunia bersama pabrikan Perancis ini.

Dengan ini, Ogier memimpin klasemen pereli dengan 29 poin disusul Neuvile dengan 21 poin dan Ott Tanak dengan 17 poin. Untuk klasemen konstruktor dipimpin Hyundai dengan 30 poin disusul Toyota dan Citroen dengan 25 poin. Di posisi keempat ada Ford dengan 14 poin saja. 

Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Test Drive Almaz