Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Jelang Motogp 2019: Ducati Dan Honda Perkenalkan Squad Baru Untuk 2019

Ducati Corse



Otojatim (Eropa)- Motogp 2019 akan memulai perjalanan perdana pada tes pra musim perdana
di sirkuit Sepang, Malaysia (6-8 Februari 2019). Akan tetapi, sudah ada 2 tim yang meluncurkan motor dan skuad baru sebelum tes pramusim. Mereka adalah Ducati dan Repsol Honda yang berstatus sebagai tim pabrikan.

Tim Ducati kali ini menggunakan jasa Danillo Petruci yang menggantikan Jorge Lorenzo. Petrucci pada tahun lalu bernaung di Pramac Ducati menggunakan Ducati Desmosedici GP17 mampu bersinar dan berhasil finish di urutan kedelapan klasemen joki dengan 144 poin. Bersama Andrea Dovizioso, Petrucci masuk ke tim pabrikan menggunakan motor Desmosedici GP19 yang merupakan generasi terbaru dari Desmosedici Series. Diluncukan di Neuchatel, Swiss pada 18 Januari lalu, motor ini sudah berbeda jauh dari GP18 dimana warna merah mendominasi livery motor Ducati.

Sponsor Mission Winnow merupakan simbol kembalinya perusahaan tembakau Phillip Morris yang juga mensponsori Scuderia Ferrari di F1 setelah hilang pada beberapa musim lalu. Meninggalkan produk AMG, kali ini Ducati resmi meminang Audi Sport sebagai sponsor mobil resmi mereka untuk 2019 dan produsen laptop terkemuka, Lenovo terpampang jelas di motor GP19. Untuk target, Ducati siap merebut juara dunia baik konstruktor, tim maupun joki dengan GP19. "Target kami memang selalu ambisius dan kami ingin memboyong titel juara dunia kembali ke Borgo Panigale," ujar Luigi Dall'Igna, Ducati Corse General Manager via Crash.

Ada satu hal yang berbeda dari GP19 dari GP18, yakni penggunaan Computating Fluid Dinamics (CFD) saat pengembangan motor. Hal ini dilakukan untuk menciptakan sektor aerodinamika terbaik pada motor meski sudah tidak menggunakan winglet lagi seperti musim 2016-2017. Dengan adanya CFD, piranti aerodinamika yang terpusat di fairing akan memiliki kinerja maksimal dengan disertai pengembangan trial & error lebih baik ketimbang hanya bermodal terowongan angin saja. Untuk mesin dan hal-hal lain masih dirahasiakan sebelum diketahui dalam sesi tes pramusim di Malaysia.


HRC

Sementara di kubu Repsol Honda, seakan hanya bermodalkan joki baru saja yakni Jorge Lorenzo yang masuk dari Ducati menggantikan Daniel Pedrosa di akhir musim lalu. Sialnya, meski motor diluncurkan pada 23 Januari di Madrid, Spanyol tapi tidak ada perubahan sama sekali alias motor RC213V sama saja seperti motor lama versi 2013. Memang agak basi dalam livery karena terkesan kurang inovasi, tapi perbedaan motor yang dipakai Lorenzo dan juara dunia 2018, Marc Marquez adalah jok dan tangki. Tangki yang dipakai Marquez dibuat lebih lebar sehingga motor terlihat gemuk dan pendek sementara untuk Lorenzo memiliki tangki lebih panjang dan  mendapat desain cukup tajam. Untuk jok juga berbeda, Marquez mendapat jok lebih besar serta posisinya lebih maju dan Lorenzo mendapat jok cukup kecil plus lebih menghadap keatas.

Sayangnya baik kedua joki, Marquez dan Lorenzo harus menerima kenyataan pahit. Kedua joki Spanyol ini harus dioperasi pada bagian tangan untuk Lorenzo dan bahu bagi Marquez karena keduanya menerimanya ketika kecelakaan balap. Belum yakin keduanya akan muncul di sesi tes pramusim pada bulan Februari nanti. Mari kita nantikan saja.
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Iklan Sticky