Cari Alamat dan Telepon Dealer:

BMW Menangi Formula E Arab Saudi


FIA

Otojatim (Jeddah)-
Berbeda dari musim-musim sebelumnya, Formula E musim 2018-2019 merupakan ajang perdana untuk mobil generasi kedua dari Formula E. Mobil yang digunakan mirip dengan mobil balap Indycar dengan desain depan mirip mobil balap prototype di ajang balap ketahanan dunia (WEC). Tidak adanya pitstop, durasi balapan selama 45 menit ditambah 1 putaran akhir dan "Attack Mode" (opsi penyerangan) yang merupakan tenaga tambahan seperti DRS (Drag Reduction) di F1 membuat ajang balapan makin seru untuk ditonton. "Saya pikir musim lima adalah musim besar untuk Formula E," kata CEO Formula E, Alejandro Agag kepada Reuters. "Musim kelima adalah momen kebenaran untuk Formula E. "Sekarang orang-orang datang, dengan asumsi bahwa ini adalah usaha jangka panjang yang akan memainkan peran sangat besar dalam industri motor dan industri mobil."

Di musim 2018-2019, balapan bergulir di Arab Saudi tepatnya di Riyadh sebagai balapan mobil kelas dunia terakhir tahun 2018 pada 15 Desember. Negeri keempat di kawasan Timur Tengah ini (Selain Uni Emirat Arab/UEA, Qatar, dan Bahrain) resmi menggelar balap mobil  kelas dunia untuk mengejar ketertinggalan dari negeri-negeri lainnya. Baik Qatar, Bahrain dan UEA sudah terlebih dahulu menggelar F1 (UEA dan Bahrain) dan Motogp untuk Qatar. Di Formula E tahun ini, beberapa nama baru menghiasi balapan seperti Stoffel Vandoorne yang didepak dari Mclaren F1 dan berlabuh di HWA Venturi, Felipe Massa yang keluar pada tahun lalu dari F1 berlabuh di tim pabrikan Venturi hingga pebalap Formula 2 yang masih aktif, Max Gunther berlabuh di Geox Dragon.

Tapi pada akhirnya, balapan dimenangkan oleh tim BMW. Menggunakan jasa Antonio Felix Da Costa, tim yang bekerjasama dengan Andretti ini meraih kemenangan perdana musim 2018-2019 dengan mengakhiri perlawanan dengan Jean Eric Vergne dari DS Techeetah. Sementara, Jerome d Ambrosio dari Mahindra berada di posisi ketiga dan Mitch Evans dari Jaguar di tempat keempat. Dengan hasil ini, Da Costa memimpin klasemen pebalap dengan 28 poin disusul Vergne di tempat kedua dengan 18 poin dan Ambrosio di posisi ketiga dengan 15 poin. Di klasemen konstruktor, DS Techeetah memimpin dengan 29 poin disusul BMW dengan 28 poin dan Mahindra di belakangnya dengan 15 poin. Seri selanjutnya akan bergulir di Maroko pada 12 Januari 2019 mendatang
Share on Google Plus

About Berto Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Regional Launch Surabaya