Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WRC Australia: Rival Berjatuhan, Ogier Juara Dunia Keenam Kalinya

FIA


Otojatim (Perth)- Selesai sudah gelaran reli dunia (WRC) 2018. Sengit, seru dan menegangkan membuat reli dunia menjadi highlight utama olahraga otomotif tahun ini setelah F1 dan Motogp tidak menarik untuk ditonton karena juara dunianya sudah di umumkan sebelum seri terakhir.

Pada seri terakhir di Australia pada 15-18 November, tiga pabrikan yakni Hyundai, Toyota dan Ford sudah siap berperang demi gelar konstruktor maupun pereli dengan Sebastian Ogier (Ford), Thierry Neuville (Hyundai) dan Ott Tanak (Toyota). Akan tetapi, balapan yang diikuti 81 pereli ini tidak semudah yang dikira. Kecelakaan dari Ott Tanak di Special Stage (SS) 23 dan hilangnya roda mobil Therry Neuville di Special Stage 22 membuahkan hasil bagi Ogier. Pereli Perancis ini menjadi jawara dunia meski harus bermain aman dengan finish kelima saja. Ogier sendiri hanya memenangkan SS7 dan SS24 di reli ini. Pereli Perancis ini finish pertama di klasemen pereli dengan 219 poin diikuti Neuville dengan 201 poin dan Tanak dengan 181 poin. "Ini musim yang luar biasa, sangat dekat. Belum lama ini kami berpikir itu akan sulit untuk meraih gelar, tetapi kami tidak pernah menyerah. Kami memberikan segalanya, dengan tim yang fantastis di belakang kami (yang) terus berjuang dan pada akhirnya kami meraihnya di reli terakhir. Ini sangat emosional," ujar Ogier, seperti dilansir WRC tentang perolehan Juara Dunianya tersebut.

Pereli yang memiliki nama sama seperti juara dunia lainnya yakni Sebastian Loeb berhasil merengkuh juara dunia keenam alias menjadi bertahan sejak 2013 silam. Sejak itu sampai 2016, Ogier masih menjabat sebagai pereli Volkswagen dan pada 2017 sampai 2018 menjadi jawara dengan Ford. Rencananya, pada 2019 Ogier akan kembali berlaga di Citroen alias tim yang membesarkan namanya sejak menjadi juara dunia WRC 3 dengan C2 di 2008. "Ini adalah hari yang (sangat) emosional dan saya dapat memberitahu Anda bahwa kejuaraan ini benar-benar sangat berarti. Dua bulan yang lalu, itu tidak terlihat bagus, tetapi ketika Anda memiliki Sebastien Ogier dan Julien di tim Anda, Anda tahu bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Cara mereka melawan balik tiga dari event terakhir sungguh luar biasa, dan saya sangat bangga dengan semua yang telah kami capai bersama," imbuh Malcolm Wilson, Kepala Tim M-Sport.

Sayangnya, Ford gagal menjadi jawara dunia setelah Jari Matti Latvala memenangi reli Australia untuk merengkuh juara dunia kedua untuk Toyota di klasemen konstruktor setelah meraih gelar juara musim 1999 via Corolla melalui jasa Carlos Sainz dan Didier Auriol sebagai pereli utama. Hayden Paddon sebagai perwakilan Hyundai finish kedua dan Mads Ostberg dari Citroen finish ketiga. "Saya sangat gembira dan gugup pada awal stage terakhir, tetapi kami berhasil melakukannya. Untuk memenangan kejuaraan konstruktor itu (hal) yang fantastis. Saya sangat bangga dengan tim, semua orang telah bekerja keras dan mereka berhak mendapatkan hadiah ini," tambahnya.

Klasemen konstruktor membuktikan Toyota berhasil menjadi jawara dengan 368 poin diikuti Hyundai dengan 341 poin, Ford di posisi ketiga dengan 324 poin dan dengan 237 poin menjadi milik Citroen. "Benar-benar perasaan yang luar biasa hari ini. Ini adalah babak final terberat dari satu musim yang bisa saya ingat. Berhentinya Ott begitu dekat dengan akhir adalah kekecewaan yang besar, tapi itu benar-benar brilian bahwa Jari-Matti bisa menang lagi. Esapekka Lappi juga membantu kami mencetak poin yang kami butuhkan. Kami memulai proyek ini tiga setengah tahun yang lalu, dan kami telah mengembangkan jauh lebih cepat daripada yang kami bayangkan. Ini adalah hasil dari upaya besar dari semua orang di tim, dan saya yakin kesuksesan ini akan semakin memotivasi kita semua untuk terus meningkatkan performa di 2019," ujar Tommy Makinen selaku team principal.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai