Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Macau Grand Prix: Balapan Tersulit Di Dunia

FIA


Otojatim (Makau)- Digelar sejak 1954, Grand Prix Makau yang dilangsungkan di Makau,Cina merupakan ajang balap terbesar di kawasan Asia. Diikuti banyak pebalap mobil dan joki motor terbaik di dunia membuat Grand Prix Makau menjadi salah satu balapan yang masuk ke seri terakhir (maupun tidak) di beberapa gelaran balap dunia seperti balap turing dunia (WTCR).

Sirkuit Guia yang menjadi tempat gelaran balap memiliki panjang 6,2 km dengan 19 tikungan. Salah satu tikungan menakutkan pada sirkuit ini adalah Lisboa, dimana lebar sirkuit berubah secara drastis dan kecelakaan sering terjadi di sana. Para pebalap dan joki tidak boleh salah langkah supaya tidak sial di sirkuit jalan raya ini.

Pada musim 2018 yang dihelat 17-18 November lalu, pebalap Daniel Ticktum dari Motopark menjadi pemenang GP Makau 2018. Pebalap yang ikut serta di ajang Super Formula Jepang ini finish pertama dengan mengalahkan rekan setimnya, Joel Eriksson dan Sacha Fenestraz dari Carlin. Ticktum berhasil mempertahankan gelar juara yang diraih sejak 2017 silam. Dalam balapan ini, 1 orang dinyatakan kritis akibat kecelakaan. Ia adalah Sophia Floersch dari van Amersfoort Racing. Pebalap Wanita ini kehilangan kendali dan mobilnya terpental ke luar lintasan. Alhasil, pebalap ini dilarikan ke rumah sakit dan berhasil melangsungkan operasi untuk memulihkan cedera selepas balapan itu. Berbeda nasib dengan Floersch, Ticktum malah mendapat kesempatan untuk menjadi pebalap F2 di tim Arden pada balapan terakhir di Abu Dhabi pada 24-25 November dan memperkuat tim Dragon di Formula E.

Sementara, seri terakhir balapan WTCR dimenangkan oleh Jean Carl Vernay (Audi Leopard) di balapan pertama, Frederic Vervisch (Audi Comtoyou) di balapan kedua dan Esteban Guerrieri (Munnich Motorsport Honda) di balapan ketiga. Akan tetapi, meski harus finish keempat di balapan pertama, gagal finish di balapan kedua dan finish kesepuluh di balapan ketiga, Gabrielle Tarquini (BRC Hyundai) berhasil juara dunia pebalap dengan 306 poin diikuti Yvan Muller di posisi kedua dengan 303 poin dan Guerrieri di tempat ketiga dengan 267 poin. Untuk balapan FIA GT Cup, balapan dimenangi Augusto Farfus dari BMW Team Schnitzer (baik balapan pertama dan kedua).
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai