Cari Alamat dan Telepon Dealer:

IMX 2018: RX7 Menangi IMX Perdana Sebagai The Ultimate

Adinata Pramadya


Otojatim (Jakarta)- Memang tidak mudah untuk menggelar ajang otomotif di tanggal yang sudah ada event lain di tempat lain (17-18 November 2018). Salah satunya adalah ajang Indonesia Modification Expo (IMX) yang dihelat di Balai Kartini, Jakarta. Gelaran perdana ini berhasil mengumpulkan beberapa perusahaan yang berkutat di bidang otomotif aftermarket terutama modifikasi. Beberapa pabrikan ternama seperti Datsun dan Suzuki ikut serta untuk meramaikan acara dan tidak juga ada beberapa showcase dari beberapa tamu terhormat seperti motomobi dan Monaco Autodesign. Meski bentrok dengan acara lain bernama Intersport Autoshow di BSD dan Bimmerfest di Semarang, Jawa Tengah tapi tetap saja peminatnya membludak.

Berbeda dari ajang modifikasi lainnya, ajang IMX ini juga menggandeng beberapa ajang lain seperti Indonesia Sneaker Day dan ajang yang sudah  lewat yakni Indonesia Diecast Expo. Melalui IMX, kedua ajang lain itu mempromosikan beberapa barang plus memperkenalkan juara dari ajang yang sudah ada seperti sebuah Honda Civic Type R modifikasi. Adalah Alanis, pengrajin asal Semarang yang berhasil mewujudkan mimpinya untuk melabur Civic Type R dengan balutan cutting stiker bertema batik.

“Ini adalah untuk pertama kalinya, sebuah diecast custom dibuatkan mobil skala aslinya atau 1:1. Biasanya yang dilakukan sebaliknya, dari skala asli 1:1 dibuat skala lebih kecil. Hal ini menjadi sebuah penghargaan istimewa bagi para customizer diecast dimana karyanya dapat diwujudkan dalam skala aslinya,” ujar Feldani Effendy, Public Relations The 5th IDE 2018.
Alanis berhasil menjadi juara custom Diecast Honda di ajang Indonesia Diecast Expo di kelas Civic.

Sementara itu, IMX 2018 telah mengumpulkan hampir 50 mobil modifikasi untuk menjadi yang terbaik di gelaran ini. Salah satu diantaranya adalah Mazda RX7 yang berhasil menjadi jawara
di IMX 2018 meski harus mengalahkan kembarannya sendiri. Adalah Speedfreak Surabaya yang menurunkan RX7 berwarna biru sebagai " The Ultimate" (jawara) di IMX 2018. “Juri tadi bilang bahwa mobil ini populasi di Indonesia susah. Dia melihat attention to detail bagus, lalu mix and match-nya nyambung baik pelek, bodi kit, warna, semua cocok banget. Eksekusinya saya bagus,” ucap Ferry selaku pemilik dan anggota Speedfreak. “Maunya dipakai buat harian, buat show juga oke. Awalnya pengen buat seperti RE Amemiya, tapi biar lebih menantang saya coba gabungkan beberapa part,” ucap Ferry. Tidak hanya 1 RX7 saja di ajang ini tapi ada 2 mobil Rx7, salah satunya adalah RX7 Veilside milik Rosella Autodesign yang sudah menggunakan mesin V8 LS1 dari Chevrolet. Tidak hanya itu, ternyata ada juga Lamborghini Aventador dan Ferrari 458 yang sudah di modifikasi hingga pernah dipakai morning run hampir setiap minggu.

Sukses digelar, acara yang dibuka oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Harjanto bersama Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian ini sukses meraup keuntungan senilai Rp 3 milyar selama 2 hari penyelenggaraan. Ini terjadi karena banyaknya pengunjung yang memesan beberapa barang di dalam beberapa booth aftermarket sehingga nilai transaksinya meningkat meski tidak banyak. "Ini kreativitas industri otomotif yang luar biasa, pertama kali diselenggarakan di Indonesia, pemerintah mendukung. Kami berharap Indonesia Modification Expo bisa menjadi acara tahunan," ucap Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia Airlangga Hartarto via siaran pers. “Amerika Serikat, dan Jepang juga yang negara besar lainnya punya expo modifikasi sendiri. Kini Indonesia pun pertama kalinya memiliki IMX 2018 yang telah sukses diselenggarakan. Terima kasih banyak atas dukungan dari semua pihak karena turut menyukseskan IMX 2018. Kami yakin dengan platform yang dibawa IMX ini, modifikasi Tanah Air bakal menjelma menjadi industri yang besar,” ucap Project Director IMX 2018 Andre Mulyadi.

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai