Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 UEA: Raikkonen Tutup Musim Dengan Gagal Finish, Hamilton Menang Lagi

FIA



Otojatim (Dubai)- Menjadi salah satu dari seri yang digelar di jazirah Arab selain GP Bahrain, GP Abu Dhabi (atau GP Uni Emirat Arab) merupakan gelaran satu-satunya yang dilakukan ketika sore menjelang malam. Balapan yang digelar sejak 2009 di sirkuit Yas Marina ini membuat para pebalap harus konsentrasi dengan perubahan waktu dan cahaya plus pengaturan ban akibat penggunaan kompon lembut (hypersoft,supersoft,soft).

Pada balapan terakhir musim 2018, Mercedes kembali meraih dominasi kelimanya di sirkuit supermegah ini dengan mencatat Lewis Hamilton sebagai pemenangnya. Pebalap Inggris ini meraih kemenangan ke-4 (2011,2014,2016,2018) atau mencetak rekor dengan mengalahkan pemegang rekor  sebelumnya, Sebastian Vettel (Ferrari) dengan tiga kali kemenangan (2009, 2010,2013 dengan tim Red Bull). Dengan ini, Hamilton meraih kemenangan ke-73 sepanjang kariernya atau ke-11 di musim 2018. Posisi ketiga sampai keempat dihuni Max Verstappen dan Daniel Ricciardo  dari Red Bull. Untuk Valtteri Bottas harus finish kelima karena kalah cepat dari dua pebalap tim Banteng Merah ini.

Hanya saja, beberapa pebalap harus gugur di balapan ini seperti Nico Hulkenberg yang terguling bersama mobil Renault miliknya dan Kimi Raikkonen harus mengakhiri karier balapnya di Ferrari akibat mobilnya mogok di garis start. Raikkonen akan pindah ke Sauber di musim 2019, sedangkan penggantinya adalah Charles Leclerc yang berhasil finish ketujuh di balapan ini. Sementara, kabar mengejutkan datang dari Williams ketika eks pebalap Renault dan Sauber, Robert Kubica
akan kembali balapan di F1 bersama debutan George Russel, sementara Esteban Ocon menjadi tester Mercedes dan yang menggantikan posisinya adalah Lance Stroll. Balapan di Abu Dhabi merupakan balapan terakhir dari Fernando Alonso yang harus fokus ke ajang Indycar dan balap ketahanan dunia (WEC). Sebagai penggantinya ditunjuk Carlos Sainz yang didepak dari Renault untuk digantikan dengan Daniel Ricciardo eks tim Red Bull. "Si Torpedo" Daniel Kyvat juga akan membalap di Red Bull untuk menggantikan Ricciardo. Pebalap Rusia ini kembali balapan setelah menjadi tester 2018 di kubu Ferrari.

Dengan 408 poin, Hamilton menutup musim 2018 dengan manis. Sementara dua pebalap Ferrari, Vettel dan Raikkonen finish kedua dan ketiga dengan 320 dan 251 poin. Sementara Max Verstappen mengumpulkan 249 poin alias duduk di posisi keempat.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai