Cari Alamat dan Telepon Dealer:

BSD City GP: Lokasi Siap Pindah, Ini Yang Terakhir Gunakan Lokasi Lama

Istimewa


Otojatim (Jakarta)- Gelaran akbar balap mobil nasional BSD Grand Prix di BSD, Tangerang Selatan akan digelar pada awal Desember mendatang (1-2/12). Untuk balapan terakhir di ajang Indonesia Series Of Motorsport 2018 ini merupakan yang terakhir menggunakan layout lama karena pada tahun depan layout baru akan dipakai dengan jarak 5-6 km dari sirkuit lama.

"Panjangnya 3 km, dengan 12 tikungan, ada 2 hairpin dan 2 chicane, dan memenuhi standar safety yang ditentukan IMI maupun FIA," ujar Irawan Sucahyono, adviser BSD City GP di saat konfrensi pers di SCBD. Jakarta. pada 14 November. "Jadi tidak ada perubahan yang signifikan terkait lay out trek dibanding tahun lalu. Tapi beberapa fasilitas pendukung telah diperbaiki, seperti jalan menuju paddock dan paddocknya sendiri telah diaspal. Tahun lalu masih tanah," pungkas Irawan. Untuk pembangunan sirkuit, PT. Tri Cipta Bangun Indonesia melakukan konstruksi layout plus Tonsco Club menjadi promotor balapnya sedangkan untuk manajemen eventnya dilakukan oleh Maximus.

Tidak seperti tahun lalu, sirkuit ini sudah dibenahi untuk menekan standar keamanan sirkuit jalanan internasional. Hal-hal seperti pemasangan guardrail dan pagar penonton menjadi pokok utama dalam pembangunan sirkuit balap yang dilakukan dalam 2 minggu itu. Hanya saja, penyelenggara
masih belum yakin balapan digelar normal, apalagi bulan Desember sudah memasuki musim penghujan. "Apakah balapan nanti bisa sesuai jadwal, seharusnya bisa. Berdasarkan data tahun lalu, kita sudah bisa memperhitungkan. Secara lap by lap seharusnya cukup dan itu kita sudah masukan spare waktu untuk evakuasi. Tapi dengan catatan semuanya sesuai harapan, tidak ada kendala cuaca dan minim insiden," beber Dani Sarwono selaku pimpinan balapan. Seakan tidak mau gegabah, akan ada trackday untuk mencoba lintasan pada 22-23 November oleh beberapa komunitas mobil.  “Tentunya IMI bertugas untuk memantau sekaligus menjamin persiapan terakhir BSD City Grand Prix ini agar penyelenggaraannya bisa semaksimal mungkin dan memenuhi standar-standar yang telah ditentukan IMI maupun FIA,” jelas A. Hariono selaku Wakil Ketua IMI Pusat Bidang Olahraga Mobil.

Untuk beberapa kelas balapan, BSD GP akan menggelar Indonesia Touring Car Championship, Indonesia Touring Car Championship 1600 Max, Super Touring Car Championship Div 1, Super Touring Car Championship Div 2, Honda Jazz/Brio Speed Challenge, European Touring Car Championship 3000, European Touring Car Championship 2000, Mercedes Benz Club Ina Race, dan Japan Super Touring Championship. Tidak adanya BMW Car Club Race dikarenakan kelas ini sudah menggelar balapan hanya di Sentul saja selama 6 seri. Tidak seperti tahun lalu, sirkuit yang dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan seperti Q Big dan Aeon plus ICE BSD ini juga akan memanjakan pengunjung dengan adanya Race Village. "Desa balapan" yang disediakan panitia ini menyediakan beberapa food truck untuk memanjakan perut pengunjung, hiburan dan beberapa hal lainnya dengan membayar tiket masuk hanya Rp 50 ribu saja.

Rencananya di tahun depan, balapan akan digelar di layout baru dengan dua kali perhelatan. Semoga saja, perhelatan balap BSD City GP tahun depan akan masuk ke balapan internasional untuk menaikkan status sirkuit demi membuat nyaman pebalap dan penyelenggara di mata FIA selaku badan otomobil internasional.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai