Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WTCR Cina: Digelar Di 2 Sirkuit Berbeda Dengan 1 Nama Event

FIA


Otojatim (Shanghai)- Tidak biasanya kejuaraan balap mobil dilaksanakan di sebuah negara dengan 2 sirkuit berbeda. Kalaupun ada yang pasti harus memiliki nama lain untuk melaksanakan balapan seperti F1 Jepang (Suzuka) dengan F1 Pasifik (Okayama) di 1995 dan F1 Spanyol (Catalunya) dengan F1 Eropa (Valencia) di 2008.

Nah untuk ajang balap turing dunia (WTCR) pada 29-30 September dan 6-7 Oktober ini digelar di Cina dengan nama sama yakni Race Of China. Untuk ronde bulan September, balapan berlangsung di Ningbo dengan latar sirkuit permanen yang sudah menggelar ajang balap Blancpain GT Asia dan Ferrari Challenge. Sedangkan sirkuit jalanan di Wuhan menggelar ronde di bulan Oktober. Tidak mudah memang beradaptasi dengan 2 sirkuit dengan jarak rentang waktu hanya seminggu
dan buta dengan racing line karena belum pernah menggelar di dua sirkuit ini mengingat WTCC (nama sebelum WTCR) pernah menggelar balapan di Shanghai yang merupakan sirkuit F1.

Pada balapan di Ningbo, pasukan Hyundai M Racing YMR berhasil memenangi lomba yang digelar dekat kandang mereka di Korea Selatan. Thed Bjork menguasai balapan pertama dan ketiga
sedangkan rekan setimnya, Yvan Muller meraih kemenangan di balapan kedua saja. "Saya merasa sangat baik. Balapan memang tidak mudah tapi saya merasa bisa memenangkan balap ini," ujar Bjork yang menunggangi Hyundai i30 N TCR via Touringcartimes. Sayangnya, pada balapan di WUhan malah dikuasai para pabrikan Jerman dimana Audi meraih kemenangan di balapan pertama lewat Jean Carl Vernay (Audi Leopard WRT) dan balapan ketiga via Gordon Shedden yang merupakan
rekan setim Vernay. Di balapan kedua, dimenangi pebalap Maroko pengguna VW Golf dari Sebastian Loeb Racing, Mehdi Bennani.

Meski hanya finish kedua di balapan ketiga di Ningbo, Gabrielle Tarquini (BRC Hyundai) masih menghuni posisi terdepan klasemen pebalap dengan 241 poin disusul Bjork dan Muller yang mendapat poin sama yakni 234 poin. Cina akan menggelar balapan terakhir di Makau pada 17-18 November bertepatan dengan ajang tahunan GP Makau dan sebelumnya, sirkuit yang menggelar F1 Jepang yakni Suzuka akan menghelat balapan di bulan Oktober tepatnya 27-28 Oktober. 
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai