Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Motogp Australia: Pasar Senggol Untungkan Yamaha Di Philip Island

Philip Island Grand Prix


Otojatim (Philip Island)- Serasa tidak ada capeknya Motogp digelar selama dua seri dalam 2 minggu. Setelah seri di Jepang pada 21 Oktober lalu yang membuat joki Repsol Honda, Marc Marquez meraih gelar juara dunia 2018, maka sirkuit berangin di Philip Island menjadi tantangan pada balapan seri Australia hari ini (28/10).

Sayangnya, seri ini tidak diikuti Jorge Lorenzo yang mengalami cedera saat seri Aragon akibat kecelakaan di tikungan pertama. Karena inilah Ducati hanya bermodalkan Andrea Dovizioso sebagai joki utama di seri ini. Tidak hanya itu saja, pada seri Australia ini menandai ditandatangannya kontrak Daniel Pedrosa sebagai tester KTM di musim depan. Hal itu mengagetkan banyak pihak setelah sebelumnya dia menyatakan pensiun di akhir musim. "Itu poinnya tentu, tapi sebenarnya ini adalah tim muda dengan harapan yang tinggi," ungkap Pedrosa dikutip dari Crash.net. "Mereka terus bekerja keras, dan mungkin dengan pengalamanku aku bisa memberikan beberapa bantuan untuk mengembangkan motornya dengan benar dan lebih cepat," sambung Pedrosa. Dengan ini, Jorge Lorenzo yang masih cedera menggantikan Pedrosa tahun depan di Repsol Honda. Selain Lorenzo, joki LCR Honda, Cal Crutchlow meninggalkan balapan akibat cedera engkel di sesi latihan. Dengan ini LCR Honda tidak ikut balapan Motogp Australia

Pada balapan hari ini, diwarnai sialnya Marc Marquez yang mendapat sial akibat motornya ditabrak oleh joki Tech 3, Johann Zarco. Joki asal Perancis ini terjatuh di tikungan pertama dan menabrak
bagian knalpot motor Honda miliknya. Marquezpun gugur begitupun rekan setimnya yakni Pedrosa juga Hafizdh Shahrin yang notabene rekan setim Zarco juga karena kecelakaan. Akibatnya, tim Repsol Honda dan Tech 3 keluar dari balapan.

Tapi balapan dimenangkan oleh Yamaha dengan Maverick Vinales. Ia menjadi pebalap Yamaha satu-satunya yang meraih kemenangan perdana di 2018. Menggunakan peristiwa kecelakaan Marc Marquez- Zarco di awal lomba, joki bernomor 25 ini melesat jauh meninggalkan lawannya, Andrea Iannone dari Suzuki dengan gap 1,5 detikan. Adapun Dovizioso finish ketiga di belakang Iannone dan joki pengganti Lorenzo, Alvaro Bautista finish keempat setelah mengalahkan bekas rekan setimnya di Suzuki, Alex Rins dan rekan satu tim Vinales, Valentino Rossi.

Pertempuran terjadi di posisi kedua setelah Andrea Dovizioso mendapat 210 poin sekaligus meninggalkan Rossi di posisi ketiga (195 poin) dan Vinales dengan 180 poin. Meski Marquez juara dunia joki musim ini, pada klasemen konstruktor ternyata Honda masih harus was-was karena
gap poin antara Ducati hanya 39 poin saja. Sekali kegagalan akan membuat Ducati menjadi juara dunia konstruktor musim ini sekaligus memupuskan harapan Honda untuk menguasai musim 2018 dengan gelar juara joki dan konstruktor. Sementara, Lorenzo sendiri siap menghadapi seri selanjutnya di Malaysia pada 4 November mendatang. Hal ini disebabkan operasi sudah sukses di bagian pergelangan tangan dan nasib Crutchlow di LCR Honda sudah menjadi Stefan Bradl yang pernah meraih posisi ke-16 di seri Jerman.

Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai