Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Max Verstappen Untungkan Hamilton Di GP Meksiko

FIA


Otojatim (Meksiko)- Gp Meksiko digelar perdana pada 1962 di sirkuit  Magdalena Mixhuca yang saat ini bernama Hermanos Rodiguez. Balapan eksebisi ini merupakan jalan menuju gelaran sebenarnya di 1963 hingga 1970. Sialnya, pada balapan eksebisi ini, diwarnai oleh kecelakaan pebalap tuan rumah yang nantinya akan menjadi nama sirkuit ini yakni Richardo Rodiguez. Mobil Lotus 24 yang dikemudikannya menghajar dinding tikungan terakhir dan berakhir tragis. Karena sirkuit yang tidak aman inilah, balapan dihentikan pada 1970 karena kecelakaan tragis jagoan tuan rumah, Pedro Rodiguez yang merupakan adik dari Richardo.

Setelah sekian lama dihentikan, balapan kembali bergulir pada 1986-1992 dan absen pada 1993-2014, meski pernah menggelar berbagai balapan kelas dunia macam WEC, A1 Grand Prix, Formula E hingga Indycar. Sejatinya, pemerintah pernah mencanangkan sirkuit baru bernama Mantarraya dengan lokasi di Cancun. Akan tetapi, proyek ini dibatalkan akibat masalah hak milik tanah. Pada akhirnya, pada 2015 balapan F1 kembali berlangsung dengan adanya tikungan baru dan standarisasi kelas satu FIA.

Mengulangi jejak tahun lalu, Max Verstappen kembali berjaya di Meksiko. Pebalap Red Bull ini membungkam duet Ferrari yakni Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen. Pada balapan di 28 Oktober itu, highlight utamanya adalah Lewis Hamilton yang meraih juara dunia kelimanya sekaligus mempertahankan gelar sejak 2017 silam. Dengan hanya finish keempat saja, pebalap Inggris ini menggagalkan ambisi Vettel untuk juara dunia di akhir musim. Kemenangan Verstappen ternyata tidak bermuara ke rekan setimnya, Daniel Ricciardo karena mobilnya mengalami masalah hidraulis. Ini merupakan kesialan kedua di balapan benua Amerika setelah Gp Amerika pada minggu lalu bagi pebalap Australia ini.

Dengan 358 poin, Hamilton otomatis menjadi juara dunia 2018. Sementara, Vettel berada di posisi kedua dengan 394 poin dan Raikkonen sendiri tidak bisa diam semudah itu akibat poinnya (236) sedang disusul oleh Valtteri Bottas yang di balapan ini finish kelima. Bottas berada di posisi keempat klasemen pebalap dengan 227 poin dan Verstappen di posisi kelima dengan 216 poin. GP Brazil akan bergulir 11 November dan balapan terakhir di Abu Dhabi akan bergulir 25 November.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai