Cari Alamat dan Telepon Dealer:

IDE 2018, Tempat Baru Dengan Target Baru

Adinata Pramadya
Otojatim (Jakarta)- Mainan merupakan sebuah hal yang penting untuk anak-anak. Pada masa kini, eksistensi mainan sudah digantikan oleh gawai (gadget) berupa android dan smartphone. Namun, meski harga mainan bermutu tinggi amatlah mahal tapi mainan jaman sekarang lebih banyak digunakan sebagai alat investasi akibat memiliki sejarah karena dibuat terbatas.

Untuk itulah, Indonesian Diecast Expo (IDE) dibuat demi memajukan mainan miniatur yang kebanyakan adalah mobil. Meskipun berbentuk mini, tapi jangan salah kalau nilai jualnya setara sepeda motor baru loh. Tidak seperti 4 musim sebelumnya yang dilakukan di Balai Kartini, Jakarta dari 2014-2017 maka gedung ICE di BSD akan menjadi babak baru untuk gelaran IDE tahun ini. Sejak 2014, kebanyakan pengunjung adalah kalangan pengusaha alias berumur sekitar 30 tahunan dan mempunyai passion untuk membangun sebuah karya seni dari mainan-mainan ini. "Tahun kelima penyelenggaraan IDE menjadi salah satu pembuktian betapa dunia diecast di Indonesia adalah hal yang bukan main-main," kata Feldani Effendy, Public Relations IDE 2018. Dipilihnya ICE di BSD, Tangerang dikarenakan mereka menyasar pangsa pasar keluarga muda yang sudah memiliki anak dan tinggal di pemukiman BSD City.

Tahu kalau mainan bisa dibuat sebagai karya seni bernilai tinggi, penyelenggara tidak main-main dalam menggaet seseorang pengrajin kelas dunia untuk datang ke IDE 2018.  Adalah pengrajin bernama Jun Imai yang sempat bekerja di Hotwheels dan memodifikasi beberapa model mobil mainan untuk dihargai tinggi atas detail serta kemiripan dengan mobil aslinya. "Kita datangkan Jun Imai yang merupakan mantan desainer dan Director of Product Design Hot Wheels. Dia merupakan desainer yang menciptakan lini produk mobil Japan Domestic Market (JDM) di Hot Wheels dan saat ini sangat populer," ucap Feldany.

Tidak berbeda dengan 4 gelaran sebelumnya, beberapa program IDE tahun ini mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke acara diecast skala internasional itu. "IDE 2018 tak sekadar menampilkan koleksi diecast, lomba balap diecast, lomba custom diecast, tapi juga secara eksklusif membawa diecaster terkemuka dari luar negeri," terangnya. Sebagai acara puncak, akan ada pelelangan mainan yang sebelumnya mampu menembus harga Rp 32 juta untuk mainan mobil skala 1:64 dan bekerjasama dengan Indonesian Modification Expo (IMX)juga akan menggelar ajang modifikasi diecast bertemakan Honda Civic dimana pemenangnya akan menjadi basis modifikasi untuk mobil aslinya. Nantinya, mobil Honda Civic ini akan tampil di IMX 2018 sebagai partisipan utama ajang pameran aftermarket terbesar di Indonesia itu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya juga, IDE 2018 juga akan menghadirkan sejumlah diecast khusus edisi IDE 2018. Kali ini akan ada Honda Civic EF 90, LaFerrari, Morris Mini, dan 55 Chevy Bell Air Gasser dengan unit terbatas. Acara yang disponsori oleh Shoppee ini akan bergulir pada 3-4 November di Hall 8 ICE dengan harga tiket masuk Rp 50 ribu.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai