Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WRC Turki:Kemenangan keempat Tanak Di Turki

FIA


Otojatim (Istanbul)- Setelah sekian lama menghilang, reli Turki kembali hadir di kancah reli dunia (WRC). Reli ini memang digelar perdana pada 1972, tapi pada 2000 sudah mencalonkan
diri sebagai penyelenggara setelah membuat ajang reli Anatolia sebagai percobaan jelang balapan sebenarnya. Pada akhirnya di tahun 2003 digelarlah reli dunia untuk pertama kalinya meski hanya
melombakan 27 dari 62 peserta yang dijanjikan panitia. Ajang reli ini sempat masuk ke kalender reli Eropa (ERC) pada 2007 dan kembali lagi menggelar reli dunia pada 2008 dan 2010.

Berlokasi di desa Marmaris di provinsi Mugla, Turki pada 14-16 September, medan yang dipakai masih gravel tapi berbeda di lokasi sebelumnya di Antatolia maka lintasannya jauh lebih sulit dan banyak pereli gugur akibat kerusakan mekanis. Meski hanya meraih tiga kemenangan di tiga Special Stage, pereli asal Estonia, Ott Tanak mampu bersinar di reli Turki. Ia meraih kemenangan keempat di musim 2018 sekaligus hattrick (kemenangan beruntun ketiga kalinya sejak reli Finlandia dan Jerman). Meski menang, pereli Toyota ini tidak memakai mesin baru dalam mobil Yaris miliknya akibat suhu lintasan yang sama panasnya dengan reli Meksiko pada 11 Maret lalu. Mesin pada Yaris ini adalah mesin yang sama seperti reli Meksiko tanpa perubahan teknis.

Meskipun begitu, strategi ini dinilai tepat dan mampu membawa Tanak dan rekan satu timnya dari Toyota, Jari Matti Latvala finish 1-2 di reli Turki. Meski Thierry Neuvile selaku pereli Hyundai memimpin klasmen pereli, tapi pada reli Turki kali ini ia harus finish ke-16 setelah mengalami kerusakan suspensi di SS8. Sementara rekan setim Neuvile, Hayden Paddon malah finish ketiga alias lolos dari Maut. Sebastian Ogier dari M Sport Ford yang merupakan musuh bebuyutan Neuville malah gugur karena kecelakaan di SS11. Sebagai perwakilan Ford, hadir Teemu Suninen yang finish keempat dengan mengalahkan Andreas Mikkelsen dari Hyundai.

Sementara, Neuville masih memimpin klasemen pereli dengan 177 poin dan Ott Tanak masih berada di posisi kedua dengan 164 poin. Adapun posisi pertama klasmen konstruktor ada Toyota dengan 284 poin dan Hyundai di tempat kedua dengan 279 poin. Pada bulan Oktober akan menjadi bulan penentuan bagi ajang WRC karena ada reli Inggris yang digelar pada 5-7 Oktober dan reli Spanyol pada 26-28 Oktober.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai