Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Ferrari Monza SP: Ferrari Konsep Terunik Tanpa Atap

Ferrari


Otojatim (Milan)- Sergio, J50,dan SP12 merupakan mobil-mobil konsep yang pernah dihadirkan Ferrari bahkan dimiliki orang-orang tertentu melalui lelang atau dijual secara diam-diam. Mobil-mobil itu bukanlah mobil yang benar-benar dibangun dari 0 melainkan merupakan
special coach (pesanan khusus) dari beberapa mobil macam F12, 488 bahkan 812 Superfast.

Nah, jelang Paris Motorshow yang digelar bulan depan di Perancis, pabrikan berlogo kuda jingkrak itu melahirkan Monza SP yang merupakan mobil special coach berbasis 812. Mobil Monza sendiri dinamai sesuai nama sirkuit terkenal di Italia yang biasa dipakai untuk F1 dan Blancpain GT. Melihat mobilnya, Monza sangat mirip dengan Mercedes SLR Stirling Moss karena berdesain klasik-modern tanpa atap layaknya mobil balap zaman setelah perang dunia. Monza terbagi atas SP1 dan SP2 yang dibedakan melalui konfigurasi kursi. SP1 hanya dibekali 1 kursi layaknya mobil balap dan SP2 merupakan versi dua kursi layaknya mobil roadster biasanya. Mobil ini sangat spesial karena menggunakan bahan kaca, emas dan alumunium tanpa karbon fiber sama sekali layaknya mobil Ferrari lainnya demi memperkuat nilai klasik pada Monza.

Jika dilihat, Monza sendiri merupakan penerus dari Ferrari Barchetta 1948 166 MM yang pernah menjadi juara dunia balap mobil sport di dekade 1950-1960`an. Jika merunut dari namanya, Barchetta pernah dipakai di 550 dan untuk model modern hanya Monza inilah yang memakai nama dari varian mobil balap tanpa atap itu. Tidak seperti Ferrari lainnya, mobil ini menggunakan Virtual Windshield yang mampu menyedot udara di depan pengemudi dan membuangnya ke arah atas.
Untuk eksterior, Monza mirip dengan GTC Lusso di bagian wajah tapi pada bagian bemper masih ada nafas dari 812. Untuk lampu sendiri nampak mirip dengan Jaguar F Type yang memiliki karakter sopan namun gagah. Soal bagian samping, Monza sendiri nampak memiliki DNA dari Portofino karena memiliki desain compact tapi modern plus di bagian belakang memiliki desain futuristik berkat Full Width Lightbar berbahan LED.
           
Untuk bagian interior sendiri menggunakan jok satu kursi (untuk SP1) yang berdesain layaknya kursi mobil F1. Sedangkan untuk SP2 masih menggunakan interior serupa seperti 812 tanpa perubahan apapun kecuali hilangnya power window pada mobil. Meskipun begitu, kualitas bahan yang dipakai tetap terjaga karena menggunakan kulit plus alcantara seperti halnya 812. Baik Monza SP1 dan SP2 memiliki bobot 1500 kg dan mobil ini menggunakan mesin V12 berkapasitas 6500 cc dan
memiliki tenaga 819 dk dengan torsi 719 nm. Soal akselerasi 0-100 km/jam bisa diraih dalam 2,9 detikan dan memiliki kecepatan puncak 300 km/jam.     
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai