Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Singapura: Kemenangan ke-69 Hamilton Dan Tukar Posisi

Adinata Pramadya (Otojatim 2018)


Otojatim (Singapura)- Tahun ini tepat merupakan tahun kesepuluh atau 1 dekade dari Grand Prix Singapura. Sirkuit Marina Bay yang merupakan sirkuit jalanan sekaligus satu-satunya tempat di Asia Tenggara yang menggelar F1 setelah pada tahun lalu sirkuit Sepang, Malaysia resmi meninggalkan F1 akibat fokus menggelar MotoGP dan renovasi fasilitas.

Dibangun oleh desainer sirkuit kenamaan, Hermann Tilke sirkuit ini mempunyai karakter medium speed dengan start melawan arah jarum jam. Sirkuit berjarak 5 km ini sejatinya bukan satu-satunya yang menggelar balapan di negeri Singa ini, adalah sirkuit Thompson Road yang dulu menggelar balapan pada 1961 bernama Orient Year Grand Prix dengan menggunakan mobil Formula Libre. Balapan ini digelar pada 1961 dan berakhir pada 1973 akibat tingginya lalu lintas di Singapura. Pada 2007, mulailah Singapore Tourism Board selaku badan pariwisata Singapura dengan pihak Formula One Management melaksanakan Grand Prix Singapura yang berlokasi Di Marina Bay. Hasilnya, memuaskan karena digelar pada malam hari seperti halnya MotoGP di Qatar (dimulai perdana pada 2007) dan memiliki jumlah penonton lebih besar dari balapan biasanya dengan rekor 100 ribu orang di 2008.

Pada balapan yang digelar pada 16 September ini, Lewis Hamilton berhasil meraih kemenangan ke-69 selama kariernya di F1 atau keempat selama berlaga di Singapura (2009,2014,2017-2018). Bermodalkan strategi pitstop dan tentunya pembalap posisi belakang yang dioverlap, pembesut Mercedes ini melesat bagaikan angin. Meski sempat mendapat ancaman di pertengahan lomba oleh Max Verstappen (Red Bull), tapi pebalap asal Inggris ini masih memimpin lomba sampai akhir. Pesaing terberatnya, Sebastian Vettel dari Ferrari malah harus puas di posisi ketiga. Persaingan sengit terjadi antara Valtteri Bottas (Mercedes) dengan Kimi Raikkonen (Ferrari) jelang paruh akhir balapan, hanya saja Bottas tampil begitu tenang sampai pada akhirnya berhasil finish keempat dan Raikkonen kelima.


Hamilton melesat makin jauh di posisi terdepan dengan 281 poin dan Vettel berada di tempat kedua dengan 241 poin. Raikkonen berada di posisi ketiga dengan 174 poin dan pebalap asal Finlandia ini pada tahun depan akan digantikan oleh Charles Leclerc yang merupakan hasil tukar guling
antara Ferrari dengan Sauber. Leclerc sendiri adalah pebalap binaan Ferrari Driver Academy yang memenangkan GP3 tahun 2016 dan GP2 di 2017 sedangkan Raikkonen sendiri sejatinya mengawali karier balapnya di Sauber sejak 2001 dan pada musim 2003 pindah ke Mclaren yang merupakan tim kejayaannya. Pada balapan kali ini, Leclerc finish kesembilan. Balapan selanjutnya akan dilangsungkan di Sochi,Rusia pada 30 September 2018.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai