Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Italia, Bertempur Sengit Dengan Ban Aus

Mercedes AMG

Otojatim (Milan)- Grand Prix Italia, sebuah grand prix tertua di dunia karena digelar perdana pada 1921.  Pada sejarahnya, Monza adalah tempat satu-satunya yang menggelar balapan prestisius itu dengan layout sepanjang 10 km dengan perpaduan sirkuit biasa dengan sirkuit oval. Akan tetapi, rentetan kecelakaan yang memakan korban jiwa terjadi beberapa tahun  saat lintasan oval masih ada dan pada akhirnya pengelola sirkuit meniadakan lintasan itu meski bisa digunakan untuk gelaran Monza Rally Show pada akhir tahun.


Pada balapan tahun ini yang digelar pada 2 September memang menjadi balapan paling sengit antara pabrikan tuan rumah Ferrari melawan Mercedes. Lintasan sepanjang 5,7 km dengan 53 putaran yang harus ditempuh membuat para pebalap harus membejek gas lebih dalam di beberapa lintasan lurus sirkuit berjuluk "kuil kecepatan" ini. Settingan downforce level rendah dan settingan rem superpakem menjadi hal penting dalam grand prix ini.

Sayangnya, kemenangan pabrikan tuan rumah harus dihentikan akibat tim Mercedes meraih kemenangan ke-9 di Monza atau keenam berkat jasa Lewis Hamilton. Memanfaatkan judi pitstop, pebalap Mercedes ini berhasil mengalahkan pebalap Ferrari Kimi Raikkonen dengan sekali salip. Ban Raikkonen yang aus tidak bisa ditolenir hingga pebalap Finlandia ini finish kedua di belakang Hamilton. Pupus sudah Max Verstappen, pebalap Red Bull ini menyenggol rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas hingga akhirnya dihukum 5 detik ketika finish. Bottas sendiri finish ketiga dan Sebastian Vettel yang merupakan rekan setim Raikkonen finish keempat.

Dengan hasil ini, Hamilton meraih kemenangan ke-68 selama kariernya di F1 sekaligus memantapkan klasemen pebalap menjadi 256 poin. Sementara Vettel masih di posisi kedua dengan 226 poin dan Raikkonen di posisi ketiga dengan 164 poin. Pada seri selanjutnya, kami akan melakukan liputan langsung ekslusif ketika Formula 1 akan menjalani balapan ke-15 musim ini di Singapura pada 16 September. Akan seperti apa balapan yang akan berbarengan dengan seri Ferrari Challenge Asia Pasific ini? Apakah Ferrari akan tumbang seperti tahun lalu akibat tabrakan karambol atau Mercedes berjaya kembali? Tunggu reportase kami di TKP.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai