Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Blancpain GT Belgia: Pebalap Indonesia Unjuk Gigi Di SIrkuit Spa

Walkenhorst Motorsport


Otojatim (Spa)- Spa 24 Jam merupakan ajang balap mobil tertua di dunia setelah Nurburgring 24 jam dan Le Mans 24 jam. Berbeda dengan Le Mans yang melombakan kelas mobil prototype sekaligus masuk ke kejuaraan dunia balap ketahanan (WEC), maka Spa 24 Jam masuk ke kejuaraan balap supercar Blancpain GT dengan melombakan mobil-mobil kelas GT3 saja. seri Spa ini digelar perdana pada 1924 silam dengan menggunakan layout sepanjang 15 km tepatnya di jalanan desa Spa, Belgia. Dengan melewati daerah Francorchamps, Malmedy dan Stavelot para pebalap memacu mobilnya selama 24 jam nonstop dengan gonta ganti pebalap tiap pitstop. Sebelumnya, ajang European Touring Car dan World Sportcar Championship pernah memanfaatkan ajang ini sebagai seri balapnya selama beberapa tahun.

Ajang Blancpain GT sendiri menggelar balapan di Spa pada 2011 sekaligus mempromosikan game Need For Speed Shift 2 sebagai video game resmi mereka saat itu hal ini disebabkan sirkuit
Spa sudah dimodernisasi sekaligus memotong layoutnya menjadi 7 km saja demi keamanan pebalap dan penyelenggara. Layout baru yang diperkenalkan pada 1979 ini juga dipakai oleh balap mobil
Formula 1 sebagai lintasan balap Grand Prix Belgia.

Pada balapan musim 2018 yang digelar 28-29 Juli ini, BMW mampu merajai Spa dengan tim Walkenhorst Motorsport dan Rowe Racing. Adalah jasa Philip Eng, Tom Blomqvist dan Christian Krognes di mobil M6 GT3 bernomor 34 sekaligus M6 lainnya bernomor 99 dari Rowe dengan komposisi pebalap Alexander Sims, Jens Klingmann, Nicky Catsburg. " Tak ada yang menyangka mereka bisa melakukan tugas ini dengan baik" ungkap Eng via Sportcar 365. " Saya sangat senang sekali bisa meraih kemenangan meski gap antara tim kami (Walkenhorst) dengan tim Rowe beda 10 detikan" ungkapnya lagi. Pada posisi ketiga dihuni tim Land Motorsport dengan Audi R8 melalui komposisi pebalap Kelvin van der Linde, Sheldon van der Linde, Jeffrey Schmidt.

Sementara di kelas pro am dimenangi tim Rinaldi (finish posisi 15 overall) dengan Ferrari 488 GT3 melalui komposisi pebalap  Daniel Keilwitz, Alexander Mattschull, Rinat Salikhov, dan David Perel. Adapun untuk kelas Silver dimenangi Ombra Racing (finish ke-18 overall) dengan Lamborghini Huracan melalui jasa kuartet Kang Ling, Alex Frassineti, Romain Monti,dan Andrea Rizzoli sedangkan kelas Am dimenangi tim pemakai Huracan lainnya yakni Barwell Motorsport dengan komposisi pebalap Adrian Amstutz, Leo Machitski, Richard Abra, dan Patrick Kujala.

Dalam balapan kali ini, ada dua pebalap Indonesia turun di kelas Am dengan T2 Motorsport Ferrari 488 dan Andrew Haryanto di kelas grup nat dengan GDL Racing Lamborghini. Untuk David sendiri berhasil finish keempat di kelas AM bersama Gregory Teo, Christian Colombo, dan Matteo Cressoni sekaligus finish ke-36 dari 63 mobil. Hanya saja, Andrew Haryanto berhasil meraih runner up kelas Group Nat (kelas untuk mobil balap one make race) meski posisi pertamanya diraih tim Speed Lover dengan Porsche 911 GT3 Cup. Andrew,  Andres Josephsohn, Beniamino Caccia, dan Sarah Bovy berhasil finish posisi ke-47 overall alias tim terakhir yang berhasil di balapan tersebut.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai