Cari Alamat dan Telepon Dealer:

MXGP Semarang: Seri Teramai Samai Seri Italia

Adinata Pramadya


Otojatim (Semarang)- Pada 7-8 Juli lalu, Indonesia resmi menggelar MXGP keduanya dengan nama MXGP Asia. Hal ini dilakukan karena dalam 1 negara yang melakukan gelaran balap MXGP tidak memakai nama serupa seperti pada dua seri berlokasi di Italia (Trentino dan Imola). Berbeda dengan gelaran di Pangkalpinang pada Minggu lalu (30 Juni-1 Juli) yang bisa dibilang tidak menghadirkan banyak penonton karena lokasi super jauh dari keramaian. Berbeda dengan MXGP Asia di Semarang ini, karena berlokasi dekat pusat kota sehingga penonton banyak berdatangan dan mampu menarik devisa dari segi pariwisata.

Sirkuit BSB Mijen di Semarang yang terletak di daerah Mijen, Jawa Tengah ini dianggap sebagai yang terbaik di dunia. Hal itu dimaklumi oleh Vice President  Youthstream, David Lounge selaku promotor MXGP "Ini merupakan sirkuit terbaik selama musim 2018 karena memiliki komposisi tanah lebih baik dari daerah sebelumnya (Pangkalpinang) dan memiliki elevasi bagus guna mudah untuk merancang trek". Soal panjang, sirkuit yang terletak di komplek perumahan Bukit Semarang Baru ini adalah 1,7 km.

Penontonpun sangat antusias untuk menonton balapan dunia satu-satunya di pulau Jawa ini sehingga jumlah penontonpun lebih dari seri Italia yang mencetak angka lebih dari 60 ribu orang (Seri di Trentino,Italia mencetak 40 ribu orang) . Dari semua tiket bisa dianggap sudah terjual habis baik kelas festival, tribun hingga VIP terusan. Pada akhirnya, MXGP Semarang mengukir angka Rp 2,1 milyar pendapatan dari kelas festival.

Setelah pada balapan di Pangkalpinang yang dimenangi Antonio Cairoli dan Jeffrey Herlings yang sama-sama dari KTM. Kali ini hanya Herlings saja yang mampu meraih kemenangan. Joki
Belanda ini di balapan pertama mampu mengalahkan Tim Gasjer (Honda) dan Cairoli untuk merebut kemenangan. Pada balapan kedua, joki yang sempat cedera tulang bahu ini tidak mengurung niatnya untuk mundur. Ia malah juara lagi dan mengalahkan joki Kawasaki Clement Desalle dan Gasjer. Pada klasemen sementara, Herlings berada di posisi pertama dengan 583 poin disusul Cairoli dengan 559 poin duduk di posisi kedua. Balapan selanjutnya akan bergulir di Ceko pada 22 Juli.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai