Cari Alamat dan Telepon Dealer:

JDM Funday: Acara JDM Terbesar Siap Digelar Sebelum Asian Games

Berto Pramadya


Otojatim (Jakarta)- Japanese Domestic Market atau biasa disingkat JDM sama besarnya dengan model kit robot mainan atau cosplay karena sama-sama merupakan kebudayaan Jepang. Tapi JDM sendiri lebih menyangkut ke dunia otomotif bukan ke arah hiburan semata. Di Indonesia, JDM dikenal di era pertengahan 2000`an dengan hadirnya ajang drag race malam yang menggiring berbagai macam mobil asli Jepang dengan berisi mobil-mobil asli dari negeri matahari terbit seperti Nissan Skyline, Mitsubishi Lancer Evolution dan Subaru Impreza. Dua nama terakhir yakni Lancer Evolution dan Impreza pada masanya lebih tenar di ajang reli sebagai tunggangan Rifat Sungkar maupun Herry Agung yang merupakan dua pereli legendaris tanah air.

Setelah 5 tahun melanglangbuana di jalanan tanah air, JDM Run sebagai komunitas JDM terbesar di Indonesia menyelenggarakan pesta ulangtahun kelimanya bernama JDM Funday. Acara yang dibekingi oleh Goodrides ini mengumpulkan hampir seluruh mobil asli Jepang di Indonesia sebanyak ratusan mobil dari berbagai jenis. Acara yang digelar di Sentul pada 5 Agustus mendatang ini menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi di film Fast And Furious dengan kemasan lebih aman tanpa melanggar hukum.

Sebelumnya, pada 4 Agustus di Syailendra Restaurant, JW Marriot Jakarta akan dilakukan gala dinner sekaligus final technical meeting bagi para peserta maupun keluarga JDM Run. Peserta yang ikut dalam JDM Funday ada dua kategori yakni Meetup dan Hot Lap. Hot Lap sendiri merupakan ajang time attack mengitari sirkuit dan ini bukan acara pertama yang Goodrides adakan karena sebelumnya, acara Speed Matsuri dan Honda Funday (pendahulu JDM Funday) menerapkan konsep serupa hingga peserta berhasil memenuhi sirkuit untuk memeriahkan suasana.

Adapun untuk konvoi peserta sendiri dilakukan sebelum acara dimulai pada 5 Agustus di Pantai Indah Kapuk mulai 5 pagi hingga sampai di Sentul pukul 8 tepat. Konvoi ini dinamai
JDM Run sebagai Asoy Geboy Cruise dan dibagi menjadi beberapa kelompok akibat peserta yang membludak. Tercatat ada 150 mobil siap diregister plus undangan dari GTR Owners Club Indonesia dan Speedfreak Surabaya siap menghadiri acara JDM terbesar di Indonesia yang dihelat sebelum Asian Games ini.   
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai