Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Inggris: Vettel Pupuskan Harapan Pebalap Tuan Rumah

Ferrari


Otojatim (Silverstone)- Grand Prix Inggris adalah merupakan gelaran balapan tertua setelah Grand Prix Jerman, Monako dan Italia. Digelar perdana pada 1926 di Brooklands, Grand Prix Inggris selalu diminati penonton tiap tahunnya meski pernah gonta ganti tempat seperti di Aintree pada 1955-1962 dan Brand Hatch di 1964-1986. Sirkuit Donington Park pernah menggelar balap F1 di 1993 meski bernama Grand Prix Eropa, hal itu dimungkinkan karena pengusaha Jepang, Tomonori Tsurumaki gagal menggelar F1 Asia di Jepang.

Setelahnya, Silverstone menggelar balapan sejak 1987 sampai sekarang meski F1 pertama kali menggelar balapan di 1948 silam. Sirkuit yang tenar di berbagai game balap macam Gran Turismo, Forza hingga Project Cars ini memiliki banyak layout dengan layout utama mencapai 5,8 km. Sirkuit yang dulunya adalah markas angkatan udara Inggris ini tadinya menggunakan beton sebagai lapisan lintasannya. Hanya saja, lintasan itu dikenal lumayan tidak aman dan membuat para pebalap mengeluh. Pada akhirnya, setelah beberapa kali renovasi di segi fasilitas pada 2010, Silverstone akhirnya resmi menggelar balap F1 di 2011.

Kembali ke balapan pada 8 Juli lalu, Kembali lagi pebalap Mercedes sekaligus jagoan tuan rumah, Lewis Hamilton gagal bersinar setelah gugur karena masalah teknis di balapan Austria pekan lalu (1 Juli). Ia kembali gagal menang akibat di salip oleh pemimpin klasemen Sebastian Vettel. Dengan gap 2,2 detik, pebalap Ferrari ini meraih kemenangan sekaligus mempertajam klasemen dengan 171 poin. Hamilton sendiri berada di posisi kedua dengan 163 poin.

Mengalahkan rekan setim Hamilton yakni Valtteri Bottas di sebuah duel, pebalap Ferrari lainnya Kimi Raikkonen meraih podium ketiga sekaligus berada di posisi yang sama di klasemen yaitu 116 poin. Hanya saja pemenang Grand Prix Austria pekan lalu dari Red Bull, Max Verstappen harus gugur akibat kerusakan gearbox dan rekan setimnya, Daniel Ricciardo malah finish kelima setelah sebelumnya gugur juga di Grand Prix Austria akibat kerusakan gearbox. Balapan selanjutnya akan bergulir di Hockenheim, Jerman pada 22 Juli mendatang.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai