Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WSBK Ceko: Pabrikan Jepang Dominan Di Brno

Yamaha Racing


Otojatim (Brno)- Brno adalah salah satu sirkuit yang menjadi tempat terbaik di gelaran Motogp. Dibangun pada 1987, sirkuit ini menggantikan sirkuit jalan raya sepanjang 10 km yang tidak aman untuk menggelar ajang balap motor. Sirkuit sepanjang 5,4 km ini memiliki 15 tikungan
dengan elevasi lumayan curam plus trek lurus berkecepatan tinggi. Di Motogp, juara dunia Marc Marquez menjadi jawara dua kali di 2013 dan 2017.

Sirkuit ini juga menggelar ajang balap Superbike dunia (WSBK) pada 9-10 Juni lalu. Tidak seperti Motogp yang menobatkan Honda sebagai juara seri, maka  Yamaha dan Kawasaki menjadi jawara di dua balapan berbeda. Di balapan pertama, Jonathan Rea dari Kawasaki menjadi juara setelah mengasapi Marco Melandri dari Ducati dan Tom Sykes yang merupakan rekan setim Rea sendiri. Setelah kemenangan ini, Rea langsung melakukan kontrak dua tahun bersama pabrikan berjuluk "geng ijo" tersebut. Rea bisa dianggap Marc Marquez-nya Superbike akibat melakukan tiga kali juara dunia dari 2015-2017. Kemenangan Rea di balapan pertama itu merupakan yang ke-60 kalinya sepanjang karier balapnya.

Sayang, prestasinya di Brno tahun ini langsung terhenti karena kecelakaan di balapan kedua akibat ban motor Tom Sykes mengenai rekan setimnya itu. Reapun terjatuh dan gugur di lap ketiga.
Memanfaatkan kesempatan, duet pembesut Yamaha yakni Alex Lowes dan Michael Van Der Mark tancap gas untuk finish 1-2 di Brno. Mereka mengasapi pembunuh tim Kawasaki, Chaz Davies (Ducati Aruba) yang mampu finish ketiga. Praktis Brno didominasi dua pabrikan Jepang yakni Kawasaki di balapan pertama dan Yamaha di balapan kedua. Angka 270 poin membuat Rea masih bercokol di posisi klasemen utama sedangkan rivalnya, Chaz Davies menguntitnya di posisi kedua dengan 205 poin. Sirkuit berbahaya Laguna Seca di Amerika menjadi seri selanjutnya yang akan dipentas pada 23-24 Juni.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai