Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WSBK Amerika Serikat: Rea Dominan Di Sirkuit Sulit

Kawasaki WSBK


Otojatim (California)- Laguna Seca, siapa yang tidak kenal sirkuit ini. Ya, penggemar balap motor
mengenal sirkuit sepanjang 3,6 km ini sejak lama yakni sejak 1957 atau saat sirkuit ini dibangun. Laguna Seca yang terletak di California, Amerika Serikat ini memiliki sebuah tikungan sulit bernama Corkscrew yang menantang. Berwujud turunan curam, para joki balap motor harus mengerem setajam mungkin supaya tidak terjatuh di tikungan kedelapan sirkuit tersebut. Sebelumnya di ajang Motogp pada 10 tahun lalu, Casey Stoner (Ducati) mampu disalip di tikungan Corkscrew oleh Valentino Rossi (Yamaha) dengan mudah. Meski tidak menggelar Motogp karena sirkuit Austin, Texas sudah menekan kontrak balap motor prototype itu tapi ajang Superbike dunia (WSBK) masih menyuguhkan pertempuran sengit antara joki-joki kuda besi jalanan.

Pada balapan pertama yang digelar pada 23 Juni, aksi serupa terjadi antara Jonathan Rea (Kawasaki) vs Chaz Davies (Aruba Ducati) di Corkscrew. Dengan skill tingkat tinggi, Rea mampu mengakhiri perlawanan Davies tanpa ampun. Para pecinta balap langsung tersenyum melihat kejadian langka yang sempat terulang di 2013 saat Marc Marquez (Repsol Honda) menyalip Rossi juga di tikungan yang sama. Pertempuran antar sesama joki Inggris ini dimenangi Rea dengan gap 2,9 detikan
dari Davies. Posisi ketiga diduduki joki Yamaha Pata, Alex Lowes yang sama-sama berasal dari Inggris. Pada balapan kedua di 24 Juni, Rea mampu tampil tanpa beban untuk menjadi dominator
di Laguna Seca. Ia kembali mengasapi Davies tapi dengan gap 5 detikan. Sementara posisi ketiga dihuni Eugene Laverty dari Aprilia.

Dengan total 320 poin, Rea sudah bisa dicap sebagai juara dunia 2018 meski hanya tersisa 5 seri lagi (10 kali balapan,2 kali balapan tiap serinya). Sementara Davies berada di posisi kedua dengan 245 poin dan Michael Van Der Mark dari Yamaha duduk di posisi ketiga dengan 215 poin. Sirkuit Motogp Misano di San Marino akan menggelar balapan selanjutnya pada 6-8 Juli mendatang.   
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai