Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Perancis: Hamilton Raih Kemenangan Ketiga Dan Lahirnya Red Bull Honda


Mercedes AMG Formula One

Otojatim (Le Castellet)- Sebuah sejarah terjadi ketika pada hari ini (24/6), Formula 1 menjamah Perancis setelah 10 tahun tidak menggelar balapan disana. Ngomong-ngomong soal sejarah, balapan F1 di Perancis adalah yang tertuabersama Inggris, Monako dan Italia. Balapan perdana saja digelar pada 1950 meski kejuaraan nasional pernah digelar pada 1906. Sebelumnya, beberapa sirkuit seperti Le Mans, Reims, Djon Prenois dan Magny Cours pernah menghelat Grand Prix Perancis hingga
FIA memilih Paul Richard sebagai tempat untuk menggelar balapan F1 modern.

Beberapa kali menggelar balap F1 di era 1980`an, Paul Richard sendiri dibuka pada 19 April 1970. Menjadikan sebagai salah satu sirkuit teraman di dunia akibat standar runoff super lebar dan bisa dipakai dalam 167 konfigurasi berbeda. Panjang sirkuit saat digunakan dalam GP Perancis tahun ini adalah 5,8 km. Sirkuit ini sering digunakan sebagai tempat menggelar balap Blancpain GT dan FIA WEC (balap ketahanan dunia).

Ada berita baru yang terjadi saat balapan berlangsung yakni pindahnya mesin Red Bull dari Renault Tag Heuer ke Honda pada 2019. Setelah 12 tahun bersama dengan pabrikan Perancis itu dan meraih 57 juara seri selama keikutsertaan tim berjuluk "banteng merah" itu di F1. "Penyesuaian Honda dengan tim kedua Formula 1 milik Red Bull, yakni Toro Rosso, memberikan potensi yang sengat besar. Honda akan memiliki akses ke banyak data dari kedua pakaian, Aston Martin Red Bull Racing yang memimpin. Dan peluang untuk pengembangan yang lebih cepat, lebih efektif serta lebih kompetitif untuk digandakan," ujar Horner seperti dikutip crash.net.

Meski sudah mengantongi juara dunia konstruktor 4 kali, tim Red Bull akan belajar lebih giat dari Toro Rosso yang sudah menggunakan mesin asal Jepang itu terlebih dahulu. "Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Renault selama 12 tahun terakhir, suatu periode di mana kami mengalami beberapa momen luar biasa bersama-sama. Kami kadang-kadang memiliki perbedaan, tetapi Renault selalu bekerja tanpa lelah dan memberikan yang terbaik dari kemampuannya, untuk menyediakan kami unit daya yang kompetitif," tambah Horner.

Kembali pada balapan, kisah pilu terjadi di awal balapan takala para jagoan tuan rumah gagal finish karena kecelakaan. Esteban Ocon (Force India) dan Pierre Gasly (Toro Rosso) saling
bertabrakan satu sama lain hingga membuat para penggemar kecewa karena keduanya gugur. Bersenggolan dengan Kimi Raikkonen (Ferrari), pebalap Haas, Romain Grosjean gugur akibat komponen mobilnya rusak.

Akan tetapi, pemenang dari balapan selama 53 putaran ini adalah Lewis Hamilton. Menggunakan mesin baru, pebalap Mercedes ini tampil tanpa lawan sampai garis finish. Lawannya, Max Verstappen dari Red Bull ia tinggalkan dengan gap 7 detikan. Pertempuran antara Raikkonen dan Daniel Ricciardo (Red Bull) terjadi pada paruh akhir balapan hingga Raikkonen mendapat posisi podium akhir. Tidak mau mengecewakan pendukungnya, pabrikan tuan rumah Renault mampu finish kedelapan via Carlos Sainz dan Nico Hulkenberg berada di posisi kesembilan.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai