Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Kanada: Jagoan Kandang Gagal Bersinar

Ferrari

Otojatim (Montreal)- Digelar pada 1967, Grand Prix Kanada merupakan grand prix pertama yang digelar di benua Amerika sebelum Grand Prix Amerika, Meksiko dan Brasil. Tidak memiliki banyak sirkuit, gelaran balap ini hanya bergulir di tiga sirkuit saja seperti Mont Tremblant, Mosport Park dan Montreal. Sirkuit terakhir sejatinya merupakan sirkuit non permanen seperi layaknya sirkuit balap jalanan untuk Indycar yang terletak di kota Toronto.

Berbeda dengan balapan di Eropa, Ferrari Challenge Amerika Serikat menjadi supporting race untuk GP Kanada tahun ini. Setelahnya, GP Singapura pada bulan September mendatang juga akan menggelar Ferrari Challenge tapi khusus region Asia Pasifik saja. Kembali ke sirkuit, lintasan Gilles Vileneuve di Montreal mengambil basis jalanan taman kota yang disulap menjadi sirkuit layaknya Albert Park di Australia. Trek sepanjang 4,3 km ini menggelar balapan sepanjang 70 putaran atau 305 km. Nama Gilles Villeneuve sendiri diambil dari pebalap Kanada yang pernah menjadi pemenang GP Kanada dan meraih posisi kedua klasemen pebalap di 1979 dengan Ferrari. Ayah dari juara dunia 1997, Jaques ini meninggal pada 1982 di Zolder, Belgia karena kecelakaan pada ajang GP Belgia.

Pada balapan tahun ini, Lance Stroll menjadi jagoan kandang di tubuh Williams Mercedes. Sayang aksinya langsung terhenti akibat mobilnya dihajar oleh pebalap Toro Rosso, Brendon Hartley
di awal lomba. Keluarga yang datang di paddock tim berwarna putih itu langsung terkejut melihat anaknya gagal finish di balapan kandang. Di balapan ini, pendukung Ferrari nampak bersuka cita akibat Sebastian Vettel mampu meraih kemenangan di Kanada. Berbekal pistop yang tepat, Vettel mampu menyelesaikan balapan 7,3 detik di depan Valtteri Bottas dari Mercedes. Sementara Max Verstappen dari Red Bull berada di posisi ketiga.

Gap 1 poin saja mampu membuat Lewis Hamilton (Mercedes) yang finish kelima di balapan ini tergusur dari puncak klasemen. Vettel berhasil mengalahkan pebalap Inggris tersebut dengan 121 poin (beda 1 poin dengan Hamilton, 120 poin). Sementara, Bottas sendiri mampu mengalahkan Daniel Ricciardo (Red Bull) dengan 2 poin saja yakni 86 poin untuk meraih posisi ketiga (Ricciardo 84 poin, posisi 4). Balapan selanjutnya akan bergulir di Perancis tepatnya di Paul Richard pada 24 Juni mendatang.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai