Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WRC Portugal: Kejutan Bawa Neuville menjuarai Reli Portugal

FIA



Otojatim (Matoshinos)- Menjadi reli yang pernah digelar pada 1967 tidak membuat seri reli dunia (WRC) ini menjadi seri anak bawang. Seri satu ini dianggap sebagai seri yang memiliki medan gravel menantang dan hanya pereli-pereli andal menjadi pemenang tiap tahunnya dan menjadi salah satu reli terbaik di dunia. Reli ini adalah reli Portugal.

Hanya saja, pada 2002-2005, reli Portugal menjadi kejuaraan nasional akibat sering tersingkir dari penyelenggaraan WRC meski standarisasi gelaran sudah diatas angin. Di 2008, gelaran Intercontinental Rally Challenge (ERC, kejuaraan reli Eropa) sempat mampir untuk menjadi salah satu serinya. Di dunia ini, nama Sebastian Ogier menjadi pemegang 5 kali kemenangan tepatnya di 2010-2011,2013-2014 dan 2017. Perolehan itu sudah setara dengan pereli Finlandia, Marku Alen yang pernah memenangi gelaran dari 1975,1977-1978,1981 dan 1987.

Sialnya, Ogier gagal dalam ajang yang digelar pada 10-13 Mei itu akibat mobil Ford Fiesta yang dikendarainya terperosok di salah satu Special Stage. Hal ini membuat pereli Hyundai yang merupakan musuh bebuyutan Ogier, Thierry Neuville mengambil alih keadaan dengan memenangi lomba. Meskipun memenangi 5 SS saja, pereli Belgia ini sukses menjadi raja di klasemen pereli dengan 119 poin. Meninggalkan Ogier yang gugur di reli ini di tempat kedua dengan 100 poin.

Dalam lomba ini, Neuville berhasil mengalahkan duet Elfyn Evans dan Teemu Suninen yang merupakan rekan setim Ogier dari Ford M Sport. Rekan setim Neuville, Dani Sordo sempat bersinar di awal reli hingga pada akhirnya bermain aman untuk menempati tempat keempat. Gagalnya Ott Tanak akibat rusaknya sistem pendingin dan Jari Matti Latvala karena kerusakan suspensi akibat kecelakaan membuat Esapeka Lappi menjadi tumpuan Toyota di seri ini, sampai pada akhir lomba
pereli tim Toyota ini finish kelima. Pada 7-10 Juni, reli Sardinia di Italia menjadi seri ke-7 dalam kejuaraan dunia reli 2018.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai