Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WEC Belgia: Toyota Menangi Seri Dengan Format Baru

FIA

Otojatim (Spa)- Jika dalam satu tahun adalah durasi panjang untuk sebuah kalender balap mobil
dengan 7 seri minimal. Maka pada ajang balap ketahanan dunia (WEC) tidak begitu, melalui format Super Season yang dicanangkan sejak akhir 2017 memungkinkan balapan digelar dalam rentang waktu 1 setengah tahun. Pada musim perdana Super Season dari 2018-2019 ini, sirkuit Spa di Belgia dan Le Mans di Perancis menggelar dua kali seri balapan di dua tahun berbeda.

Pada ronde pertama atau seri pertama di 2018, tim Toyota berhasil menguasai perlombaan dengan trio Fernando Alonso, Kazuki Nakajima dan Sebastian Buemi di mobil no.8. Adapun posisi kedua ditempati Toyota no.7 dengan Kamui Kobayashi, Mike Conway dan Jose Maria Lopez sebagai pemegang kemudi. Dalam balapan ini, team order dilakukan mobil nomor 7 untuk tidak menghalangi mobil no 8 dalam memenangi balapan selama 6 jam tersebut. Mundurnya berbagai pabrikan
mobil ternama seperti Porsche dan Audi akibat fokus ke Formula E membuat banyak pabrikan
privateer seperti Rebellion ingin mencuri keadaan meski hanya finish di belakang mobil Toyota. Adalah Rebellion R13 Gibson bernomor 3 dari Rebellion TVR dengan pebalap Thomas Laurent, Gustavo Menezes, dan Mathias Beche mampu meraih podium tiga overall dan kelas LMP1.

Pebalap yang sedang menjadi pemimpin klasemen Formula E 2017-2018, Jean Eric Vergne berhasil juara di kelas LMP2 melalui tim G Drive Racing. Tidak sendirian, pebalap pembesut Oreca ini
bergantian mengemudi dengan Roman Rusinov dan Andrea Pizzitola guna mempertahankan posisi ketujuh overall. Di kelas GTE Pro, tim Ford dengan komposisi pebalap Stefan Mucke, Oliver Pla dan Billy Johnson mampu mengukir kemenangan meski mobil Ford GT lainnya yang bernomor 67 menabrak pagar di tikungan maut Eau Rouge. Pebalap Harry Ticknell yang mengemudikan mobil itu selamat tanpa cedera dan mobil GT rusak parah di bagian depan. Pada kelas GTE AM dimenangi trio Pedro Lamy, Paul Dalla Lana dan Mathias Lauda dari Aston Martin. Balapan bergengsi 24 Jam di Le Mans, Perancis menjadi seri kedua kejuaraan dunia ketahanan mobil pada 16-17 Juni 2018.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai