Cari Alamat dan Telepon Dealer:

MotoGP Perancis: Jagoan Tuan Rumah Apes di Kandang

HRC

Otojatim (Le Mans) - Tahun ini, Perancis mempunyai 2 grand prix. Satu adalah MotoGP yang digelar pada 20 Mei ini dan F1 di Paul Richard pada 24 Juni mendatang. Di MotoGP, sirkuit yang dipakai adalah Bugatti di Le Mans. Bugatti Mengapa Bugatti? Karena sirkuit ini merupakan bagian pendek dari sirkuit La Sarthe yang akan menggelar kejuaraan balap ketahanan mobil dunia (WEC) seri akbar bertajuk Le Mans 24 Jam di 9-10 Juni mendatang. 

Hebatnya, sebelum balapan digelar pihak dari sirkuit dan Dorna memperpanjang kontrak GP Perancis sampai 2026 alias kontraknya berdurasi 5 tahun. GP Perancis ini digelar di Le Mans sejak tahun 2000 menggantikan Paul Richard yang saat ini menjadi sirkuit balap F1.

Menyinggung soal jagoan, tidak ada orang yang cocok untuk membahas seorang Johan Zarco. Pebalap tuan rumah ini resmi dipinang KTM mulai musim depan. Padahal dirinya masih klop di musim 2018 ini, tapi tidak ada yang menyangka kalau joki bernomor start 5 ini gagal finish di depan publik sendiri.

Pada balapan yang berlangsung selama 27 lap itu, Zarco gugur akibat terjatuh di lap ke-8. Ban yang tidak bisa mencengkram menjadi biang kerok kegagalan joki Perancis itu dan sekaligus memalukan pendukungnya di tanah airnya sendiri. Nasib serupa juga menimpa joki yang tetap bertahan bersama Ducati sampai 2020, Andrea Dovizioso. Joki asal Italia ini juga terjatuh tepatnya pada lap keempat.

Balapan yang berjalan monoton ini akhirnya dimenangi oleh Marc Marquez. Kemenangan beruntun ketiga dari joki Repsol Honda itu terjadi akibat dipasangnya fairing baru sejak sesi latihan pertama. Fairing ini mengurangi wheelie (terangkatnya roda depan) di tikungan pelan. Raihan 95 poin membuat Marquez makin berjaya di puncak klasemen joki.

Untuk posisi kedua, nama Ducati terselamatkan akibat Danillo Petruci dari Pramac Ducati setelah melempemnya peforma motor tim pabrikan milik Jorge Lorenzo di paruh akhir balapan. Lorenzo sendiri finish keenam di balapan ini setelah dikalahkan oleh Daniel Pedrosa dari Repsol Honda yang mampu finish kelima. Sang Dokter, Valentino Rossi memanfaatkan keadaan meski motor Yamahanya sempat melemah di akhir balapan. Joki bernomor 46 ini finish ketiga sekaligus mampu menjaga jarak dari Jack Miller yang notabene rekan setim Petruci di Pramac Ducati.

Pada klasemen joki, posisi kedua dihuni Maverick Vinales dengan 59 poin. Finish di posisi ketujuh, joki Yamaha ini mendapat 9 poin dan mengalahkan Zarco yang harus puas duduk di tempat ketiga dengan 58 poin. Rekan setim Vinales, Rossi ada di posisi keempat dengan 56 poin.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai