Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Formula E Jerman: Kemunculan Mobil Generasi Terbaru Dan Kemenangan Pasukan Kandang

FIA


Otojatim (Berlin)- Jerman merupakan basis dunia balap mobil dunia. Beberapa pebalap andal seperti Sebastian Vettel dan Michael Schumacher lahir di beberapa sirkuit-sirkuit besar macam Nurburgring, Hockenheim, Lausitzring dan Oschersleben. Hanya saja, untuk menarik minat penggila balap maka beberapa balapan digelar di sirkuit jalan raya seperti Norisring dan Tempelhoft. Nama terakhir adalah sirkuit baru berbasis bandara seperti di Saint Petersburg di Florida dan Sebring di Amerika Serikat.

Pada ajang Formula E di tanggal 19 Mei lalu, hadir mantan pebalap Mercedes F1 Nico Rosberg beraksi bersama mobil Formula E terbaru.  Ia merupakan juara dunia F1 tahun 2016 yang memutuskan pensiun di akhir musim dan menjadi tester untuk ajang Formula E. Digadang-gadang,
anak dari juara dunia F1 Keke Rosberg ini siap membela Mercedes yang akan tampil di Formula E musim 2019/2020. Sementara itu, pensiunan F1 lainya Felipe Massa akan turun di Formula E bersama tim Venturi untuk musim 2018/2019.

Selain itu juga, kota Riyadh di Arab Saudi dan Birmingham di Inggris siap menjadi penyelenggara Formula E musim depan. Pemerintah Arab Saudi sudah menggelontorkan dana lumayan banyak untuk kontrak selama 10 tahun penuh penyelenggaraan balap mobil bergengsi itu. "Membawa balap mobil listrik ke Arab Saudi adalah hal sempurna untuk masa depan balapan ini" ungkap Alejando Agag, CEO Formula E via Crash. " Negeri yang berkembang menuju masa depan adalah langkah terbaik kami untuk membawa balapan ini kesana" tambahnya. Seri Arab Saudi sendiri akan menjadi seri pembuka di musim 2018/2019 mendatang. Sementara, seri Birmingham sendiri kemungkinan akan menjadi seri Inggris menggantikan kota London. Hal ini dimaklumi karena kota tersebut pernah menggelar Birmingham Superprix di sirkuit jalanan pada medio 1990`an. 

Kembali ke balapan,kiprah pebalap dan tim tuan rumah di balapan kandang memang tidak main-main. Tim Audi yang menurunkan Daniel Abt dan Lucas Di Grassi berhasil mengukir dominasi di Tempelhoft. Abt sendiri mengukir pole position sampai fastest lap di sirkuit sepanjang 2,2 km itu. Meskipun ada yang menganggap team order, tapi kerjasama Abt dan Di Grassi terbilang alami tanpa persaingan. Mereka malah berhasil mengalahkan pemuncak klasemen dari tim Techeetah, Jean Eric Vergne dalam balapan selama 45 putaran itu. Kemenangan ini membuat pendukung tuan rumah yang membela Audi pesta pora atas kemenangan tim berlogo 4 cincin tersebut di ibukota negara Jerman.

Di klasemen pebalap, Vergne masih meraja dengan 162 poin disusul Sam Bird (DS Virgin) dengan 122 poin. Felix Rosenqvist dari Mahindra mampu mengalahkan Daniel Abt dengan 86 poin (Abt 85 poin, posisi keempat) untuk mendapat posisi ketiga. Sementara pebalap Renault Dams, Sebastian Buemi berada di posisi kelima dengan 82 poin. Balapan selanjutnya akan bergulir di kampung halaman Buemi di Zurich tepatnya pada 10 Juni mendatang sebagai seri baru musim 2017/2018.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai