Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Spanyol: Mercedes Dominan Di Catalunya, Hamilton Raih Kemenangan Ke-64

Mercedes AMG F1


Otojatim (Barcelona)- Menjadi salah satu seri balap tertua di Eropa karena digelar perdana pada
1913 membuat Grand Prix Spanyol semakin disejajarkan dengan Grand Prix Inggris, Belgia Dan Italia.Tercatat ada 8 sirkuit pernah dipakai dalam gelaran yang masuk dalam F1 ini, salah satunya adalah Jerez yang saat ini dipakai sebagai seri balap Motogp. Setelah Jerez dianggap terlalu pendek untuk menggelar F1, Sirkuit Catalunya sepanjang 4,6 km ini adalah penggantinya. Sirkuit yang terletak di Barcelona ini juga menggantikan sirkuit jalan raya Valencia akibat kesulitan keuangan. Sirkuit jalan raya di kota Valencia pernah menggelar balap F1 dari 2008 sampai akhirnya di 2012 akibat kesulitan dalam menjaring penonton karena lokasinya dekat dengan pelabuhan.

Sebagai satu-satunya sirkuit pengetesan pramusim dalam F1, strategi kemenangan untuk merajai balapan sejauh 307 km atau 66 putaran ini adalah menggunakan settingan mobil serupa dengan sesi tes. Pada seri perdana untuk kawasan Eropa ini, banyak tim mencoba peruntungannya dengan
memaksimalkan beberapa bagian mobil supaya meningkatkan aerodinamika dalam trek lurus maupun kendali mobil dengan memasang diffuser, airbox hingga piranti baru yang saat ini telah di sematkan, yaitu halo. Halo ditambahkan sayap kecil disampingnya demi mengalirkan angin untuk downforce mobil ketika berlari dalam kecepatan tinggi.

Hanya saja, pada balapan yang bergulir pada 13 Mei lalu tidak ada yang mampu mengalahkan Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Sebab keduanya mampu merajai balapan tanpa ada kendala. Meskipun sempat kena sial di balapan Azerbaijan karena kecelakaan, Max Verstappen dari Red Bull mampu meraih podium dengan melibas Sebastian Vettel dari Ferrari yang harus puas berada di posisi keempat. Hanya saja, rekan satu tim Vettel yakni Kimi Raikkonen harus mengalami masalah akibat SF-18 yang ia pakai mengalami masalah di bagian knalpot sehingga pebalap Finlandia itu gugur. Kemenangan Hamilton ini adalah yang ke-64 kalinya atau yang ketiga di Grand Prix Spanyol, sedangkan bagi Mercedes kemenangan ini adalah yang keenam dalam sejarah keikutsertaan pabrikan Jerman itu di F1.

Makin jauh, Hamilton berada di atas angin dengan 95 poin di klasemen pebalap disusul Vettel dengan 78 poin dan Bottas dengan 58 poin. Sementara di klasemen konstruktor tim Mercedes meraih angka 153 alias berada di atas Ferrari yang berada di posisi kedua dengan 126 poin. Sirkuit jalanan tertua dunia, Monako akan menjadi tempat pertempuran selanjutnya yang akan digelar pada 27 Mei.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai