Cari Alamat dan Telepon Dealer:

F1 Cina: Redbull Berat Sebelah

Red Bull Racing



Otojatim (Shanghai)- Menjadi negara yang sering menggelar balap mobil setelah Jepang, Cina adalah jawabannya. Berawal ketika di 2004, sirkuit Shanghai menggelar F1 untuk pertama kalinya di negeri tirai bambu, dunia balap di Cina makin menggeliat. Meski Cina punya ajang bergengsi Grand Prix Makau di Makau, tapi Formula 1 masih diminati banyak kalangan akibat berbagai sponsor perusahaan asal Cina menempel di beberapa tim besar seperti Ferrari (Weichai).

Kembali ke F1, pada balapan yang dilangsungkan hari ini (15/4) adalah balapan yang tidak dikuasai oleh Sebastian Vettel dimana pebalap Jerman ini memenangi GP Australia dan GP Bahrain beberapa waktu lalu. Pebalap Ferrari itu dihantam oleh Max Verstappen (Red Bull) di salah satu tikungan. Praktis, ambisi Vettel untuk memenangkan balapan ketiga kalinya gagal. Akibatnya, Verstappen diganjar hukuman 10 detik. Vettel berhasil finish ke-8 dan Verstappen berada di urutan kelima.

Berat sebelah, itu dia yang terjadi pada Red Bull kali ini. Meskipun Verstappen gagal akibat ulah "nakalnya" itu tapi tidak dengan si "sepatu emas" Daniel Ricciardo. rekan setim dari Verstappen ini malah berjaya di negeri bambu setelah mengalahkan Valtteri Bottas (Mercedes) dengan gap 8,8 detikan. Menyelamatkan muka Ferrari setelah Vettel terjungkal karena dihajar oleh Verstappen, Kimi Raikkonen finish ketiga setelah gagal mengejar Bottas untuk memperebutkan posisi kedua. Rekan setim Bottas di Mercedes, Lewis Hamilton finish keempat meski harus bertempur dengan Verstappen di pertengahan lomba.

Hanya saja, peforma mobil Hamilton serasa ada yang kurang. "Saya seperti enggak ada apa-apanya hari ini,” kata Lewis Hamilton via BBC. “Saya tidak memiliki kecepatan dan hanya berusaha mempertahankan apapun yang saya miliki,” lanjutnya. Mobil Mercedes W09 memang tidak sehebat W08, hanya saja karakter sirkuit Shanghai dengan cuaca yang berubah-ubah membuat peformanya menjadi menurun. Performa kami buruk,” jelas juara dunia empat kali. “Kemarin dan hari ini adalah bencana bagi saya,” ujarnya. “Saya harus memperbaiki itu dan kembali ke mode kinerja normal jika tidak akan kehilangan point lebih banyak,” imbuhnya. “Kami bersyukur atas beberapa insiden di depan yang membuat kami bertarung," pungkas pebalap asal Inggris ini.

Posisi klasemen untuk pebalap masih dipegang Vettel dengan 54 poin dan posisi kedua dipegang Hamilton dengan 45 poin. Posisi Hamilton bisa saja disalip Bottas yang menempel ketat dengan angka 40 poin di posisi ketiga dan Ricciardo berada di posisi keempat dengan 37 poin. Pada konstruktor, Mercedes berada di posisi pertama dengan 85 poin, unggul 1 poin (84) atas Ferrari
di posisi kedua. Red Bull Sendiri menggeser posisi Mclaren di posisi ketiga dengan 55 poin dan Mclaren sendiri di posisi keempat dengan 28 poin. Balapan selanjutnya akan bergulir di Baku,Azerbaijan pada 29 April mendatang. 
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai