Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Motogp Qatar: Pertempuran Sengit Di Bagian Akhir

FIM
Otojatim (Losail)- Setelah tiga kali tes pramusim dilakukan di Malaysia, Thailand dan Qatar maka
Motogp akhirnya resmi melakukan balapan pertama kali di musim 2018. Balapan yang dilakukan setelah tes pramusim Qatar ini terjadi pada 18 Maret 2018. Para joki-joki kuda besi sudah siap bertempur mati-matian sepanjang musim ini dengan paket motor kompetitif dari masing-masing tim maupun pabrikan.

Secara teknis, sirkuit Losail ini bukanlah sirkuit cepat seperti Sepang, Malaysia. Akan tetapi sirkuit ini ternyata mampu menjadi makanan empuk pabrikan Italia, Ducati. Dalam balapan yang dimajukan waktu balapannya akibat minimnya penonton itu, Andrea Dovizioso memenangi duel ketat melawan juara dunia tahun lalu, Marc Marquez di tukungan terakhir.

Meskipun hanya memiliki lurusan sepanjang 1 km di bagian start/finish, ternyata Ducati GP18 memberikan hasil maksimal di balapan tersebut. Dilarangnya piranti winglet  pada musim ini, Ducati berhasil memaksimalkan wujud motor yang lebih ramping untuk bisa berbicara di lintasan sepanjang 5,2 km itu. Meskipun Dovizioso berhasil meraih juara seri pertamanya di 2018, hal serupa tidak terjadi pada rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Joki bernomor 99 ini terjatuh di paruh akhir balapan akibat rem blong dan gugur tidak melanjutkan lomba.

Marc Marquez yang menjadi jawara musim lalu nampak keteteran menghadapi Dovizioso dan Valentino Rossi. Akselerasi RC213V nampak tidak berdaya di Qatar akibat suhu udara malam yang lebih dingin sehingga kinerja motor kurang maksimal saat berakselerasi. Praktis saat berduel dengan Dovi, daya motor terlihat berkurang sehingga joki Spanyol ini finish kedua. Perpanjang kontrak sampai 2020 atau usia 41 tahun, Rossi berhasil meraih posisi ketiga di balapan pertama ini.
Tidak main-main, dirinya berhasil menahan serangan Cal Crutchlow dari LCR Honda di tengah lomba sampai hampir melakukan duel melawan Dovi dan Marquez meski Yamaha M1
miliknya nampak tertinggal peformanya dibandingkan pabrikan lain.  Pada klasemen sementara, Dovi mendapat 25 poin sedangkan Marquez berada di posisi kedua dengan 20 poin. Rossi sendiri mendapat 16 poin atau berada di posisi ketiga disusul Crutchlow dengan 13 poin atau berada di posisi keempat. Balapan selanjutnya akan bergulir di Temas Rio Hondo, Argentina pada 8 April 2018.


Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai