Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Honda Soulnation: Tampung Pebalap Liar Dan Penggila Modifikasi Dalam Satu Sirkuit

Istimewa
Otojatim (Sentul)- Balap liar adalah salah satu aktivitas ilegal di dunia otomotif. Kebiasaan
yang sering dilakukan di malam hari itu memang mengganggu masyarakat. Suara-suara bising dan tidak jarang kecelakaan membuat polisi selalu berjaga-jaga di beberapa tempat demi meringkus pebalap-pebalap berusia belia itu.

Gatz Production yang diketuai Gatot Mulyoarto mengerti akan hal itu dengan membuat ajang Honda Soulnation pada Sabtu 10 Maret 2018. Ajang ini merupakan ajang kedua dari Soulnation Series yang sebelumnya dinamai Toyota Soulnation di tahun 2017. Soulnation sendiri adalah gelaran satu merek yang merangkul pengguna dari merek mobil ternama baik privateer  atau komunitas demi menyambung silaturahmi atau melampiaskan adrenalin mereka.

Berbeda dengan Toyota Soulnation yang hanya mengadakan kontes modifikasi saja, maka ajang Honda Soulnation mengadakan trackday disamping kontes. Hal ini dilakukan untuk menampung pebalap liar atau pebalap resmi supaya bisa menyalurkan adrenalin mereka tanpa bertaruh nyawa di jalan raya. "Kami ingin menggabungkan antara car show dengan motorsport mas. Dan juga kami ingin edukasi ke peserta tentang safety driving di sirkuit,” ungkap Gatot yang bertindak sebagai "kepala suku" di acara ini.

Tidak sembarangan mobil modifikasi yang masuk kontes Soulnation Series ini. Modifikasi yang maksimal dari segi mesin, interior dan eksterior harus tampil sebaik mungkin supaya bisa meraih piala di berbagai kategori yang diperlombakan. “Mobilnya harus modifikasi proper, rapih, dan yang utama tidak fake wheels (velg palsu). Velg standar tidak apa-apa, yang penting konsepnya sesuai,” lanjutnya. Supaya menarik perhatian maniak Honda, penyelenggara menampilkan beberapa mobil benchmark seperti Civic Type R, Accord Euro R, S2000 hingga Prelude.

Karena menarik minat pebalap liar, Honda Soulnation menyelenggarakan trackday dalam dua versi. Versi pertama adalah track day, yakni membalap secara time attack (pencatatan waktu) dimana sirkuit sengaja dimodifikasi minor supaya tidak sembarang pebalap liar terlena dengan kecepatan. “Sengaja kami batasi agar kondisi sirkuit tidak terlalu ramai. Kami tidak menggunakan catatan waktu agar peserta tidak memaksakan mobilnya, yang nanti justru bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan,” kata Luckas Dwinanda dari R Club Indonesia. Sedangkan versi kedua adalah Fun Drag Race alias drag race tanpa catatan waktu, jadi pebalap bisa gas pol sesuka hati sepanjang 402 meter.

Sebanyak 60 mobil ikut serta dalam trackday ini termasuk beberapa mobil dari komunitas ternama seperti R Club Indonesia dan JDM Run. Tidak hanya itu, penyelenggara juga menyiapkan games seperti menggelindingkan ban hingga DJ Peformance demi memeriahkan suasana. Rencananya akan ada Soulnation selanjutnya dengan konsep berbeda kedepannya. Semoga saja acara ini lebih banyak menggiring berbagai komunitas mobil supaya tidak membalap liar lagi di jalan raya.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai