Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Geneva Auto Show 2018: Toyota Supra Akhirnya Melenggang Di Jalanan

Toyota


Otojatim (Jenewa)- Pecinta mobil asli Jepang (JDM) siapa tidak kenal mobil ini. Kalau Anda
sering menonton Fast And Furious pertama pasti kenal mobil yang pernah dijadikan taruhan dalam aksi balap liar tersebut dan mobil ini juga menjadi benchmark di beberapa video game macam Gran Turismo, Need For Speed sekaligus Forza. Mobil itu adalah Toyota Supra.

Setelah 20 tahun lamanya, mobil yang menjadi senjata pamungkas Brian O Connor di Fast And Furious itu bangkit dengan jiwa baru. Ya, mobil ini sejatinya berbagi platform dengan BMW Z4 terbaru dengan wujud mirip seperti mobil konsep FT1. Supra ini dikenal dengan nama Mark 5 atau generasi kelima dari mobil yang sekelas dengan Nissan GTR, Subaru Impreza dan Mitsubishi Lancer Evolution ini.

Toyota di pameran akbar Geneva Autoshow 2018 secara resmi meluncurkan Supra GR Racing Concept yang merupakan versi balap dari Supra itu sendiri. Menggunakan dna dari versi Super GT Jepang dimana mobil ini menggunakan bodikit balap dan sayap berbahan karbon fiber
membuat Supra GR Racing Concept ini nampak sangar. Soal singkatan, GR adalah Gazoo Racing adalah divisi balap evolusi dari Toyota Racing Development yang bergabung dengan Toyota Team Europe (divisi balap Toyota di Eropa). GR sudah melanglangbuana dengan balap ketahanan dunia (WEC) lewat TS020 dan reli dunia (WRC) melalui Yaris WRC.

“Ya, Supra akan kembali,” kata Johan Van Zyl, Presiden dan CEO Toyota Motor Europe. “Konsep ini adalah sinyal yang jelas dari niat kami untuk membawa kembali salah satu mobil sport legendaris kami ke pasaran. Bayi ini kami kembangkan bersama Toyota Gazoo Racing, adalah kuda perang kami yang khusus dirancang untuk balapan.” Dengan ini, Supra baru sudah pasti melenggang di jalanan meski hanya versi balapnya yang muncul terlebih dahulu.

Direncanakan, Toyota akan menggunakan mobil ini suatu hari nanti di kejuaraan Super GT sekaligus GT3 jika sanggup. Soal kode mobil ini adalah angka 90, bisa dipastikan JZA90 adalah kode utama mobil ini jika diproduksi di masa depan. Mobil yang berpenggerak roda belakang dan bermesin depan ini masih belum diketahui menggunakan mesin apa saat diproduksi dan dipakai balap. Kalau diproduksi, mungkin akan menggunakan konfigurasi V6 seperti yang dipakai Camry dengan twin turbo plus hybrid seperti mobil prototype TS020. Bagi Anda yang ingin test drive mobil ini, bisa saja karena game Gran Turismo Sport siap menjadi sarana utamanya sebagai mobil Downloadable Content di bulan Maret ini. Jadi, kalau sudah begini Paul Walker (pemeran Brian) akan tenang di alam baka sana ketika penerus dari mobil Supranya diproduksi lagi.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai