Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Aston Martin Valkryie AMR Pro: Gabungkan Hypercar Dengan LMP Tapi Sudah Laku Terjual

Aston Martin


Otojatim (Jenewa)- AMR adalah divisi balap Aston Martin bernama Aston Martin Racing yang didirikan pada 2004 silam. Divisi balap ini sering berlaga di kejuaraan balap ketahanan seperti WEC, Blancpain Endurance sampai balap GT regional seperti British GT. Tidak hanya itu pula, pada 2008 sampai 2011 AMR juga pernah berlaga di kelas bergengsi LMP (Le Mans Prototype) dengan Lola B09 (2008-2010) dan AMR One di 2011. Saat ini, AMR tidak hanya turun di balap ketahanan
dunia (WEC) saja tapi juga merambah ke F1 via Red Bull Racing sebagai technical partner.

Pada ajang bergengsi Geneva Motorshow 2018, Aston Martin menampilkan versi "tempur" dari Valkyrie bernama Valkryie AMR Pro. Ubahan radikal yang diterapkan adalah pada bagian belakang sudah dipasangnya sayap depan-belakang, desain bodi besar dan sirip hiu yang membuatnya mirip mobil balap prototype AMR One. Adanya piranti aerodinamika Active Aerodynamic Control Strategies membuat mobil ini lebih stabil dipacu dalam kecepatan tinggi dan memaksimalkan kemampuan handling dari Valkyrie AMR.

Ubahan kontrol emisi mesin V12 berkapasitas 6500 cc dengan sistem hibrida Energy Recovery System bawaan F1 membuat tenaganya menjadi 1115 dk alias lebih besar dari Valkyrie biasanya.
Mobil ini bisa menikung sebesar 3,3 G Force dan 3,5 G Force ketika mengerem. Soal kecepatan puncak,  Valkyrie AMR bisa menembus lebih dari 402 km/jam. Soal pengereman, mobil ini menggunakan rem cakram berbahan karbon fiber nan ringan plus penggunaan ban balap Michelin berbasis mobil LMP. Sayangnya, mobil berjumlah 25 unit ini sudah laku terjual ke tangan orang-orang beruntung saat diperkenalkan saat pameran. Untuk harga sendiri tidak diketahui, tapi berkisar diatas US$ 2  juta dengan pengiriman perdana di tahun 2020.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai