Cari Alamat dan Telepon Dealer:

WRC Swedia, Neuville Dan Hyundai Pimpin Klasemen Kejuaraan Dunia

FIA


Otojatim (Varmland)- Setelah Monte Carlo, Monako pada bulan Januari maka ajang reli dunia (WRC) memasuki seri kedua di Varmland, Swedia pada 15-17 Februari 2018. Ajang ini merupakan ajang reli tertua sama seperti di Monako karena pertama kali digelar pada 1950.

Reli yang dikenal dengan nama "Rally To Midnight Sun" ini memang menjadi seri penting dalam kejuaraan dunia. Banyak penonton berjubel menyaksikan jagoan-jagoan asal negara Skandinavia seperti Denmark, Finlandia dan Swedia sendiri berlaga di reli bermedan salju itu. Hanya saja, untuk gelaran tahun ini tidak ada pereli Skandinavia yang memenangkan lomba. Salah satu daya tarik dalam ajang ini adalah Colin Crest. Bagian populer ini adalah sektor lompatan tertinggi yang pernah dilakukan oleh mendiang Colin Mcrae (juara dunia WRC 1995) di Special Stage Vargasen pada 17 Februari atau hari Sabtunya.

Adalah Thierry Neuville yang berhasil memenangi ajang reli Swedia ke-66 itu. Pereli Belgia ini bermain aman sejak awal perlombaan dan pemakai Hyundai itu berhasil meraih kemenangan perdananya di 2018 sekaligus memimpin klasemen pereli dari pembesut Ford, Sebastian Ogier. Memenangi 6 Special Stage (SS) saja dan tetap berada di posisi 3 besar sudah cukup bagi pereli dari tim dari negeri gingseng Korea itu untuk berjaya di tanah putih Swedia ini.

Posisi kedua diraih Craig Breen dari Irlandia. Pereli Citroen ini berhasil memenangi 3 SS dari 19 SS yang digelar. Sial baginya, peforma Citroen C3 tidak bisa lebih baik dari Hyundai i20 milik Neuville. Posisi ketiga sekaligus penghibur bagi kaum Skandinavia adalah Andreas Mikkelsen. Pereli Norwegia sekaligus rekan setim Neuville di Hyundai ini hanya memenangkan SS4 di Röjden saja dan dirinya berhasil mengubur ambisi pereli Toyota, Esapekka Lappi untuk meraih podium terakhir. Adapun Ogier yang diunggulkan untuk meraih kemenangan keempatnya di reli Swedia ini harus gagal akibat mobil Ford Fiesta miliknya melebar di awal lomba.

Dalam perolehan klasemen pereli, Neuvile berada di posisi puncak dengan 41 poin. Ogier sendiri berada di posisi kedua dengan gap 10 poin atau 31 poin. Perebutan posisi ketiga antar pemakai
Toyota terjadi antara Jari Matti Latvala dan Esapekka Lappi akibat keduanya meraih poin sama. Pemakai Toyota lainnya, Ott Tanak dan pereli Hyundai, Mikkelsen saling bertempur untuk meraih
posisi kelima juga dengan angka serupa yakni 21 poin. Ancaman siap dilakukan Craig Breen karena dirinya mendapat 20 poin alias berada di tempat ketujuh. Hyundai sendiri meraih hasil bagus dengan
menempati posisi utama klasemen konstruktor dengan 54 poin dan tim Toyota berada di posisi kedua dengan 53 poin. Pada 8-11 Maret akan digelar Reli Meksiko di Guanajuato.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai