Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Pertamina Lubricants MOR V Genjot Penjualan di Bidang Industri dan Kelautan


Eko Ricky Susanto, Sales Region Manager V PT Pertamina Lubricants (kiri) di sela acara customer gathering bersama para pemilik outlet di Sidoarjo, Rabu (31/1) 



Otojatim.com (Surabaya) – PT Pertamina Lubricants adakan gathering konsumen untuk wilayah Sidoarjo dan Mojokerto yang digelar di Sun City Hotel , Sidoarjo, Rabu (31/1). Acara yang diberi tema “Gathering Outlet Territory SIMO” dihadiri oleh sekitar 100 undangan.

Kegiatan yang pertama di awal tahun 2018 ini dimaksudkan untuk lebih mendekatkan produk Pertamin kepada outlet-outlet yang menjadi ujung tombak penjualan produk Pertamina tersebut.

Pertamina sendiri mentarget penjualan hingga 3% pada tahun ini. Target ini diimbangi dengan cukup banyak strategi penjualan, karena penjualan pada than 2017 pasar cenderung stagnan, namun demikian Pertamina Lubricants mampu menjaga pasar sehingga mengalami peningkatan sebesar 2%.

Eko Ricky Susanto, Sales Region Manager V PT Pertamina Lubricants mengatakan kenaikan itu walau sedikit tapi memiliki arti penting. “Bagi kami kenaikan 2  % di tengah penjualan pasar yang stagnan sudah cukup bagus. Bahkan tahun 2018 kami targetkan bisa naik lagi hingga 3%,” katanya,  di sela kegiatan customer gathering di Sidoarjo, Rabu (31/1).

Ada banyak cara dilakukannya agar di tahun ini, target penjualan itu bisa dicapai. Salah satunya adalah dengan lebih banyak memberikan maintenance para outlet yang menjual produk pelumas dari Pertamina Lubricants.

Selain itu juga membidik atau peningkatan volume pelayanan kepada konsumen dari segmen industri untuk mesin-mesin pabriknya dan marine (kelautan) untuk kebutuhan pelumas mesin kapal. Selain segmen otomotif baik roda dua maupun empat.

Saat ini jumlah outlet Pertamina Lubricants di Jatim mencapai 19.000. Kontribusi mereka cukup besar, karena mayoritas penjualan produk hampir seluruhnya melalui outlet. Sementara itu, pelumas dari Pertamina saat ini masih menguasai pasar. Namun pangsa pasarnya dibawah 50 % atau sekitar 35 %.

“Meski kami pemimpin pasar, namun pemain di minyak pelumas ini cukup banyak. Brand dari lokal maupun luar negeri ada, sehingga persaingan cukup ketat,” ungkap Eko.

Terutama di segmen pasar otomotif. Saat ini kontribusi segmen otomotif untuk Pertamina lubricants mencapai 65 %. Sisanya di industri dan marine tersebut. Dengan target meningkatnya penjualan di segmen industri dan marine, pihaknya memprediksi akan mengalami perubahan komposisi dengan segmen otomotif di kisaran 60 % dan segmen industri serta marine naik jadi 40 %.

Produk pelumas dari Pertamina Lubricants yang sudah dikenal di pasar antara lain Fastron, Mesran, Prima XP dan Enduro.

Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai