Cari Alamat dan Telepon Dealer:

SS11 Dakar 2018: Sainz Terbebas Dari Bencana, KTM Siap Meraih kemenangan Ke-18

Peugeot Sport


Otojatim (Fiambala)- SS11 Dakar dari Belen ke Fiambala, Argentina (17/1) mungkin adalah salah satu Special Stage penentuan untuk kategori motor. Hal ini disebabkan karena SS12 dari Fiambala ke San Juan (18/1) diselimuti cuaca buruk sehingga penyelenggara membatalkan rute untuk motor. Diuntungkan dengan kondisi, Matthias Walkner menatapi kemenangan ke-18 KTM tanpa putus di ajang Dakar sejak 2001.

Ia berhasil memimpin lomba dengan total waktu 36 jam, 33 menit, 37 detik. Di beberapa SS akhir, joki asal Austria itu bertempur melawan  joki tuan rumah, Kevin Benavides yang memakai Honda. Terpaut 32 menit atas Matthias, Benavides akan membutuhkan keberuntungan untuk menghentikan
rekor kemenangan KTM. Akan tetapi, serbuan pengguna KTM masih menghantui Benavides dengan adanya Toby Price yang memiliki gap 9 menit di belakangnya. Terpaut 10 detik, Gerrad Farres juga akan bertempur habis-habisan melawan Price dan Antoine Meo untuk perolehan podium ketiga klasemen motor. Pertempuran  selanjutnya akan dimulai pada Sabtu (20/1) di SS 13 antara San Juan ke Cordoba di Argentina sepanjang 424 km.

Pada kelas mobil, Carlos Sainz berhasil terlepas dari bencana setelah data dari Peugeot Sport menunjukkan kalau pereli Spanyol itu tidak menabrak ATV milik Kees Koolen di SS La Paz ke Uyuni. Dalam data itu, Koolen ternyata mengalami kecelakaan tunggal dan bukan diserempet oleh mobil Peugeot milik Sainz. Ayah dari Carlos Sainz Junior (pebalap F1 Renault) itu berhasil menghindari ATV milik Koolen yang oleng tiba-tiba di tengah jalan. Karena hasil ini, hukuman 10 menit yang sebelumnya diterima Sainz diangkat panitia dan ia tetap memimpin klasemen mobil dengan 36 jam, 16 menit, 27 detik. Adapun rival sekaligus rekan setim dari Peugeot, Stephane Peterhansel berada di posisi keduadengan selisih 1 jam.

Untuk posisi ketiga terjadi pertempuran antar pengguna Toyota yakni Nasser Al Attiyah melawan Bernhard Ten Brinke. Selisih dua menit di klasemen mobil membuat persaingan semakin seru untuk disaksikan meski Giniel De Villiers yang notabene "kuda hitam" tidak bisa berbuat apa-apa karena gapnya lumayan jauh dari Nasser dan Bernhard.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai