Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Penjualan Small Hatchback November 2017, Baleno Salip Yaris


Suzuki Baleno memiliki segudang kelebihan dibandingkan dengan produk lain di kelasnya, dari segi dimensi, ruang kabin yang mewah, fitur keselamatan yang lengkap, mesin yang efisien dan harga yang sangat kompetitif daripara pesaingnya, bahkan dari Honda Jazz sebagai pemuncak di kelas small hatchback.



Otojatim.com (Surabaya) – Mobil Hatchback menjadi salah satu pilihan kendaraan yang dijual di Indonesia, meski tidak selaris seperti di segmen Multy Purpose Vehicle (MPV), namun ternyata jenis kendaraan ini masih memiliki penggemar setia. Sukses memuncaki sekaligus mengkudeta Honda Brio RS di kelas city car dengan Ignis, di kelas Small Hatchback Suzuki Baleno justeru menyalip Toyota Yaris.

Berdasarkan data wholesales dari Gaikindo selama November 2017, persaingan di segmen ini memang masih menyertakan 3 merek besar asal Jepang, yaitu Honda, Toyota dan Suzuki. Sementara, kontestan lain seperti Mazda, KIA, VW dan Hyundai masih sebatas turut berpartisipasi.

Namun demikian, angka penjualannya sendiri tidak terlalu jauh mencolok, Jazz terjual 1.069 unit, Baleno 659 unit, Yarris 616 unit dan Mazda2 hanya terjual 103 unit saja.

Impian Toyota Yaris untuk menggeser Honda Jazz yang sudah hampir 1 dekade lebih memuncaki pasar small hatchback, nampaknya harus ditunda. Bagaimana tidak, Honda Jazz yang memiliki “musuh abadi” Toyota Yaris yang digadang-gadang dapat mengerus pasar Honda Jazz di tanah air, malah disalip Suzuki Baleno.

Produk baru yang turut menopang peningkatan penjualan Suzuki adalah hatchback Baleno. Produk yang mulai dikirim ke pasar pada awal semester kedua ini terjual 581 unit pada Oktober atau berkontribusi 0,95% terhadap penjualan Suzuki.

Berikut rinciannya:

- Honda Jazz 1.069 unit
- Suzuki Baleno hatchback: 659 unit
- Toyota Yaris: 616 unit
- Honda Civic Turbo hatchback: 204 unit
- Mazda2: 103 unit
- Mini Cooper: 43 unit
- Kia All New Rio: 30 unit
- VW Polo: 34 unit
- Hyundai i20: 10 unit
Total November 2017: 2.606 unit
Total Januari- November 2017: 31.616 unit

Share on Google Plus

About Argo Santoso

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Imlek Hyundai