Cari Alamat dan Telepon Dealer:

SS5 Dakar 2018: SS Terberat Hantam Peserta Unggulan

Peugeot Sport


Otojatim (Arequipa)- Mungkin inilah Special Stage terberat yang dijalani para pereli Dakar 2018.
SS5 yang digelar dari San Juan ke Arequipa, Peru pada 10 Januari itu melakoni jarak 934 km dengan medan berupa pegunungan batu plus padang pasir. Tak pelak banyak korban berjatuhan termasuk peserta di urutan terdepan.

Pada kategori mobil, mantan pereli WRC asal Perancis, Sebastian Loeb gugur karena mobil Peugeot 3008 miliknya terguling di daerah padang pasir. “Tak ada yang bisa kami lakukan selain menunggu truk untuk menarik keluar mobil,” ujar Loeb via Autosport. Selain itu, navigator seperjuangan Loeb semasa turun di WRC, Daniel Elena mengalami cedera karena kecelakaan itu. “Kita terhempas ke kubangan pasir halus yang tak terlihat. Hantamannya keras. Seketika terasa nyeri pada tulang dada dan tulang rusuk yang tidak hilang-hilang. Saya sangat kesakitan sehingga harus menyelesaikan stage melaju perlahan,” ujar Daniel.

Ini adalah rontoknya mobil 3008DKR pertama dalam musim 2018. Jadi hanya ada pemegang tahta klasemen Stephane Peterhansel yang memenangi SS5 ini dan Carlos Sainz saja yang masih
berada di posisi puncak. Ancaman muncul dari kubu Toyota lewat Bernhard Ten Brinke, Nasser Al Attiyah dan "kuda hitam" Giniel De Villiers yang menghuni tempat ketiga sampai kelima. Meskipun berstatus di luar pabrikan, nama Khalid Al Qassimi pantas menjadi penyelamat Peugeot yang duduk di posisi keenam klasemen kelas mobil.

Yamaha Racing


Adapun di kelas motor, meskipun Joan Barreda memenangi SS5 ini tapi joki Honda ini tetap kalah laju dari Adrian Van Beveren. Adrian yang menunggangi Yamaha bermain aman meski dirinya
finish kelima di SS5, sedangkan pada klasemen Barreda masih bercokol di urutan keempat. Tidak aman Adrian berada di posisi terdepan dikarenakan penunggang Honda lainnya, Kevin Benavides membuntuti joki asal Perancis itu di posisi kedua klasemen. Joki KTM Mattias Walkner tetap menjadi joki KTM terdepan sepeninggal Sam Sunderland yang gugur di SS4 karena cedera dan ia sendiri duduk di posisi ketiga pada klasemen  sementara kelas motor.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen