Cari Alamat dan Telepon Dealer:

Dakar 2018, Peugeot Dan Honda Rajai Paruh Awal Dakar

Dakar


Otojatim (Lima)- Pada tahun 1978, sejarah baru dimulai pada era balap dunia. Dimana digelar balap
reli akbar bernama Dakar yang bergulir di benua Afrika. Selama 40 tahun bergulirnya gelaran Dakar, kebanyakan bergulir antara dua benua yakni di Eropa (tepatnya di Paris, Perancis) ke daerah Dakar di Senegal, Afrika. Banyak korban meninggal di balapan ini karena kecelakaan tapi tidak menghambat para pereli baik pengguna mobil, truk, ATV hingga motor berlaga di Dakar.

Balapan yang tahun ini bergulir di kawasan Amerika Selatan tepatnya dari Peru-Bolivia-Argentina. Hal ini dikarenakan di Afrika sana masih mengalami gangguan keamanan namun ajang reli itu tetap diikuti ribuan peserta baik tim besar maupun privateer.

Reli Dakar 2018 bergulir pada 6 Januari di ibukota negara Peru, yakni Lima para pereli melesat cepat di SS pertama yang berlangsung sepanjang 242 km dari daerah Lima ke Pisco. Pada SS pertama, pengguna Toyota dari Qatar, Naseer Al Attiyah menguasai kategori mobil dengan catatan waktu 21 menit 51 detik. Meskipun begitu, dirinya gagal mengulangi sukses di SS2 yang berlangsung di Pisco sepanjang 267 km akibat navigator andalannya, Matthieu Baumel mengalami sakit. “Tak semudah itu, Matthieu benar-benar sakit setelah lalui lima belas kilometer dan kita harus merawatnya. Kami senang bisa finis, lihat saja, besok akan lalui jalanan yang lebih baik. Bila mulai dengan posisi bagus, itu tak akan jadi masalah, sepertinya,” ujar Al Attiyah via Autosport.

Mau tidak mau, Nasser harus disalip oleh dua penunggang "Singa Perancis" Peugeot yakni Cyril Despres dan Stephane Peterhansel si juara 2017. Kedua pereli Perancis ini menguasai lomba di hari kedua (7/1) dengan jarak hanya 27 detik saja. Rekan setim Nasser di Toyota sekaligus
"kuda hitam" dari Afrika Selatan, Giniel De Villiers berada di tempat ketiga. Adapun Sebastian Loeb yang menunggangi Peugeot berada di belakang Giniel atau posisi keempat dan Naseer sendiri berada di posisi ke-5. “Memang tak mudah melewati stage ini, kami baru datang dari Eropa langsung balapan selama empat jam lebih. Memang sudah banyak yang bergelimpangan mobilnya. Kita memang tak sedang balapan di rumah, jadi perlu waktu untuk bisa bertahan.” kata Despres seusai SS2.

Sementara itu pereli Mini dari Amerika, Bryce Menzies mengalami kecelakaan karena mobilnya jungkir balik di SS2. Menyebabkan navigator Peter Mortensen patah kaki karena kecelakaan hebat itu.“Saya tak alami cidera apapun. Pailing saya khawatirkan adalah co-driver – dia alami patah pergelangan kaki,” ungkap Bryce. “Kami memulai dengan keluar jalur dan seketika Pete berulang kali katakan hati-hati. Saya memantau melihatnya dan mengira adalah gundukan kecil dari sebelumnya. Kami menabraknya dan membuat mobil terangkat bagian belakang.” “Sepertinya kita terguling enam sampai tujuh kali. Tapi itu bukanlah yang saya inginkan untuk Dakar pertama saya. Sangat saya sesalkan untuk tim karena kerja mereka untuk mobil siap sampai di sini, tapi sia-sia.”
katanya. Bryce langsung gugur setelah SS2 itu. Adapun penunggang Mini lainnya, Orlando Terranova berada di tempat keenam bersama Mikko Hirvonen yang duduk di belakangnya atau posisi ketujuh.

Dakar


Di kategori motor, Juara 2017 dari tim KTM, Sam Sunderland berhasil merajai SS1 dengan mengalahkan Adrian Van Beveren dari Yamaha. Akan tetapi, Sam langsung gagal memimpin lomba di SS2 akibat kehilangan waktu di checkpoint awal. Mangkannya, joki Honda dari Spanyol, Joan Barreda Bort memimpin lomba dengan total catatan waktu, 3 jam 18 menit 36 detik. Peforma bagus ditunjukkan Adrian Van Beveren yang "jalan ditempat" alias berada di posisi kedua dengan mengalahkan joki KTM lainnya, Matthias Walkner dari Austria. Hari ini (8/1), para pereli akan bertempur di SS3 dari Pisco ke San Juan De Marcona sepanjang 296 km.
Share on Google Plus

About Adinata Pramadya

Seorang enthusiast dan jurnalis di bidang otomotif dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. Apapun yang mempunyai ban, kecuali troli belanja, akan menjadi perhatiannya. Mulai diecast hingga doubledecker.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Berita Lain

close
Promo Hyundai Bunga 0 Persen